Saturday, May 28, 2011

Cerdaskan janin sejak di dalam rahim

Uh......Ngomongin soal cerdas pasti yang terngiang di pikiran kita adalah otak....
Anda mungkin adalah seorang ibu, atau calon ibu. ataukah hanya sekedar ingin tahu...Gimana yah mencerdaskan janin sejak di dalam rahim, Mau Tau !!! ini nih sekelumit info tentang itu...

Mengisap atau mengkonsumsi zat-zat neurotoxins, seperti rokok, alkohol, dan obat-obatan terlarang, terbukti telah menghambat perkembangan otak dan meningkatkan ririko anak mengalami kesulitan belajar dan perilaku di kemudian hari. di samping itu hal-hal yang "dilarang" seperti obat-obatan, alkohol, da nikoton selama kehamilan.
Lantas ada beberapa hal yang "diperintahkan" dan memperngaruhi perkembangan otak janin yang sehat. seperti makanan yang sehat adalah keharusan. walaupun gizi yang sangat buruk sajalah yang merusak perkembangan otak bayi, namun secara umum makin baik Anda merawat tubuh Anda, maka makin baik Anda merawat otak bayi yang sedang tumbuh.


catatan
Otak bayi berkembang lebih cepat selama sembilan bulan dalam rahim ibunya ketimbang pada waktu lainnya dalam kehidupan anak. perkembangan sistem saraf janin dipengaruhi (secara baik atau buruk) oleh apa yang ada dalam darah ibu selama sembilan bulan kandungan



Apa yang terjadi pada pikiran ibu dapat juga mempengaruhi perkembangan mental bayi. walaupun psikologi janin masih baru, ada banyak bukti bahwa otak bayi dipengaruhi oleh peristiwa di luar rahim. misalnya orang tua yang menyanyikan dan memainkan Mozart ketika bayi masih berada dalam kandungan akan meningkatkan kemungkinan bayi itu untuk menyukai Mozart di kemudian hari dan mendapat ketenangan karena nyanyian itu. konon pemain cello Pablo Casals mulai membaca komposisi musik yang baru dan segera menyadari bahwa ia mengetahui yang berikutnya walaupun belum membacanya. kemudian ia tahu bahwa ibunya, juga seorang pemain cello, telah melatih komposisi ini setiap hari pada usia terakhir kehamilannya.

Ibu yang kehamilannya dipenuhi dengan ketakutan dan kecemasan yang tidak kunjung selesai, besar kemungkinan melahirkan anak yang penuh kecemasan pula. ibu dan bayi berbagi hormon, dan lingkungan yang penuh hormon, dan lingkungan yang penuh hormon stres dapat mempengaruhi pengkabelan otak yang sedang berkembang. stres adalah bagian kehidupan. yang penting adalah penyikapan Anda terhadap stres. ibu yang makan dengan baik, berolahraga secara teratur dan menyisihkan waktu untuk mengatasi takut dan cemasnya akan menciptakan lingkungan rahim yang lebih sehat bagi bayinya. Anggota keluarga harus menyadari pentingnya menjaga perasaan ibu, sehingga ia dapat mengalami keadaan setenang-tenangnya untuk merawat kehidupan baru yang berkembang di dalam rahimnya.

Jalaluddin Rakhmat (belajar cerdas)

0 komentar: