Tuesday, March 19, 2013

Sedekah dengan cara yang baik

Hari ini, selasa tepatnya tanggal 19 Maret 2013, ada banyak hal yang ingin saya ungkapkan sebagai wujud rasa rinduku ingin berbagi dengan teman-teman pengguna internet, bahwa betapa pentingnya kita mensyukuri setiap nikmat yang telah diberikan tuhan kepada kita. termasuk diriku yang ingin berucap "Alhamdulillahirabbil Alamin", saya masih diberi nafas untuk melanjutkan hidupku, diberi kekuatan untuk mampu berbagi kepada orang lain.


Beberapa hari yang lalu saya membaca-baca artikel di blog teman-teman yang lain, ternyata saya sempat disadarkan dari kegiatanku sehari-hari, ntah mengapa kata-kata itu membuat saya tersadarkan bahwa sesungguhnya kita ini ketika ingin dimudahkan dan dilancarkan rezekinya, harus tau kunci pembuka rezeki tersebut.

Adapun yang sempat saya tangkap dan sangat baik menjadi amalan dalam kehidupan kita sehari-hari adalah perbanyak bersedekah. sejujurnya ada banyak point untuk membuka rezeki diantaranya adalah shalat dhuha,  perbaiki hubungan silaturrahmi, bangun pagi-pagi, taat beribadah, dan sebagainya. Namun satu hal yang selama ini saya tidak terlalu memahaminya adalah bersedekah. Mungkin anda juga tahu bahwa sedekah itu adalah membagikan sebagian yang kita miliki kepada orang lain yang lebih membutuhkan. Akan tetapi anda mesti tau bahwa yang saya baca waktu itu adalah..memang kita bersedekah namun dengan cara yang sangat sopan dan baik, misalnya saja memberi uang dengan cara baik sambil menundukkan kepala sebagai tanda kita menghargai orang yang meminta sedekah, menggunakan kedua tangan kita dalam memberi agar orang tersebut merasa di hormati, dan pilihlah uang yang paling baru dan paling rapih serta kalau perlu berikan uang yang tertinggi nilainya yang kita miliki. Allah SWT akan membalas setiap sedekah yang kita berikan kepada orang lain, dari arah yang kita tidak pernah duga.

Hal menarik dari cara memberikan sedekah tersebut adalah bahwa bagaimana rasanya ketika kita yang menjadi orang yang diberikan sedekah kemudian kita diberi uang dengan cara yang saya ungkapkan sebelumnya, pasti anda merasa sangat dihormati, dipedulikan dan rasanya sangat dihargai.. Satu pesan adalah semoga kita bisa berbagi dengan orang lain dengan cara yang baik dan santun. Amin...

2 komentar:

prisma said...

terimakasih sobat .. artikelnya sangat mencerahkan sekali .. dengan bersedekah merupakan perwujudan dari kepedulian kepada sesama ya sob ..

nurarifah_azzahra said...

thank you..ayo bersama-sama bersedekah dengan cara yang baik untuk membuka rezeki.