Tuesday, April 24, 2018

Resume Ceramah Politik Kesbangpol

Awal mula kerajaan di Sulawesi Selatan, dimulai dari tumanurung dari Daerah Luwuk, Bone dan Gowa. Dimana Raja pertama di Gowa bernama Boyo.

Menurut Thomas bahwa hukum tanpa pemerintahan yang disebut Homo Homodilupus, dengan kejahatan-kejahatan berupa pembunuhan, pemerkosaan kepada anak gadis, pembantaian. Inilah Cikal Bakal lahirnya Pajak yakni pada waktu itu orang lemah meminta perlindungan kepada orang yang lebih kuat. Hal ini lahir di Yunani Kuno.

City State lahir sebagai nama lain dari kota yang cakupannya tidak luas, pada zaman Yunani Kuno ini, dikenal pula dengan kepala Polish dengan sistem pemilihan secara langsung dan inilah cikal bakal lahirnya demokrasi, yang prosesnya berlangsung tidak cukup 1 hari lamanya.

Pada hakikatnya demokrasi di Indonesia belum terlalu dipahami, karena terbentuk dari pemerintahan yang otoriter disebabkan karena adanya sistem kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia. salah satu

Substansi kehidupan di Inodnesia memang beranekaragam, hal inilah yang disebut dengan Bhineka Tuggal Ika, Di Indonesia di akui beberapa agama dan hidup secara rukun demi keutuhan bangsa Indonesia, banyaknya suku bangsa, budaya yang beranekaragam.

Warga negara Indonesia seharusnya memahami hak dan kewajiban suatu negara. sebagaimana diketahui definisi demokrasi itu sendiri adalah pemerintahan dari, oleh dan untuk rakyat. Menurut Abraham Lincoln dalam pidatonya yang sangat terkenal di Gettyburg pada tahun 1863 secara sederhana menggambarkan demokrasi sebagai "Government of the people, by the people and for the people" yakni seluruh kebijakan-kebijakan pemerintah bersumber dari input politik berupa keinginan, harapan dan tuntutannya rakyat, yang diterima oleh anggota perwakilan rakyat.

Indonesia haruslah cerdas dalam berdemokrasi, sehingga perlu mengetahui model-model peningkatan pengetahuan masyarakat.

Menurut Maciavelli bahwa untuk mendapatkan kedudukan boleh melakukan perebutan kekuasaan serta meningkatkan derajat sosial dengan merebut kekayaan. Ada 3 buruan manusia menurut para ahli, namun tidak paham akan substansi berpolitik adalah :
1. Kekayaan
2. Jabatan
3. Derajat Sosial

Sejak Indonesia merdeka, pendidikan politik di Indonesia diabaikan demi memudahkan jalan dari pemerintah untuk memperkokoh kekuasaannya. Sehingga loyalitas lebih kepada orang pribadi dan bukan kepada organisasi.




0 komentar: