Sunday, June 10, 2012

makna Makot Raimuna 2012 di Papua

Anda tahu tidak bahwa ternyata dibalik maskot ini tersimpan banyak makna, "PACE KRIBO", yuk kita lihat apa sih maknanya, informasi ini saya dapat dari hasil membaca beberapa sumber, dan ini dia maknanya :

Berbentuk karikatur Burung Cendrawasih atau yang disebut " Pace Kribo". Pace Kribo mengenakan Pramuka Lengkap dengan sosisi siaga memegang busur dan anak panah. Dalam budaya Papua, busur dan anak panah merupakan senjata berperang dan senjata berburuh binatang. Pace Kribo mencerminkan seorang pramuka yang dijuluki sebagai pendekar kesatria, selalu siap siaga dalam situasi dan kondisi apapun, serta memiliki karakter maju, mandiri dan bermartabat. Maskot ini mengartikan bahwa pramuka siap berraimuna bersama masyarakat membangun tanah Papua.

Warna Pace Kribo identik dengan Identitas Pramuka yakni warna coklat dan kuning dikombinasikan dengan warna hijau. dimana warna coklat menggambarkan sikap dan perilaku yang dewasa dalam tindakan maupun perbuatan selalu dan senantiasa sebagai sikap seorang pemimpin.warna kuning menggambarkan keyakinan dan tekat akan meraih sesuatu tujuan dan cita-cita, warna hijau, menggambarkan membangun kebersamaan, kekeluargaan, kesatuan dan persatuan. warna hitam menggambarkan sikap pengabdian. warna hitam melambangkan sikap pengabdian.

Pace Kribo berasal dari bahasa lokal Papua yang sering ditujukan untuk orang berambut banyak atau berambut krol terurai di kepalanya, Bulu Cendrawasih mempunyai arti kejayaan, kebesaran dan keindahan, Mempunyai karakter hidup sebagai seorang ksatria sekaligus orang yang bersahabat.

Ini informasi yang bisa saya berikan, terima kasih dan mohon maaf bila ada kesalahan. Wassalam...





0 komentar: