Saturday, July 14, 2012

Traveling ke Malaysia

Pada tanggal 6 Juli 2012 lalu saya mengikuti kegiatan yang diadakan oleh program studi yakni mengikuti konfrensi Asia Pasifik yang di laksanakan selama 2 hari di Malaysia, kali ini saya ingin membahas sedikit tentang kebersihan di daerah malaysia, dan Insya Allah di postingan berikutnya saya akan membahas mengenai konfrensi tersebut.

Saat pesawat Air Asia yang saya tumpangi bersama rombongan mendarat langsung di bandara malaysia, kami pun bergegas untuk menuju bus dan check ini hotel, kemudian istirahat di kamar masing-masing yang telah dibooking sebelumnya.

Pagi itu kami sarapan pagi di hotel sambil memandangi pemandangan di luar hotel ternyata sejuk sekali. Huh...indahnya... pagi yang cerah itu dengan udara yang begitu segar dan pemandangan gedung-gedung yang  tinggi ditambah dengan hijau di sana-sini.

Pelajaran menarik bagi saya adalah ternyata di malaysia sangat memperhatikan pohon-pohon yang dijadikan sebagai paru-paru negaranya, terbukti di sana sini sepanjang jalan warna hijau di taburi pohon-pohon yang di asuransikan, dalam artian setiap warga yang mencoba menebang, merusak, atau membunuh pohon tersebut akan di kenai denda, sehingga alhasil pohon-pohon di sana tumbuh subur dan indah.

Rasanya udara di sana sejuk terus menerus disebabkan oleh pepohonan yang mereduksi polusi dari asap kendaraan, pabrik dan polusi dari sumber lainnya yang sangat mengganggu pernapasan. Belum lagi melihat sanitasinya yang baik, ditambah dengan irigasi yang di tata rapih, taman-taman yang indah membuat mata terasa tak ingin tertutup untuk melewatkan keindahan yang nampak.

Di sekitar hotel tempat saya menginap adalah wilayah pertokoan, supermarket, pasar dan sebagainya yang merupakan daerah padat, namun yang terlihat adalah kebersihan yang begitu di jaga sehingga tak terlihat sampah-sampah berserakan, terlebih lagi puntung rokok.

Wah...Indah benar daerah itu, mungkin karena saya berada di pusat negara sehingga yang nampak adalah keindahan karena memang ditata agar menarik wisatawan masuk ke daerah tersebut, namun ketika kami di ajak keliling-keliling, ternyata keadaannya juga tetap sama, indah dan tertata dengan rapih. Di benak saya adalah mungkin mereka memprioritaskan kebersihan dan keindahan serta kenyamanan di negaranya sehingga timbul rasa iri di hati...

Bukan hanya yang nampak di depan mata saja ketika berkeliling di sepanjang jalan, namun saya memperhatikan kebersihan fasilitas umum yang ada, wah.. ternyata petugas kebersihannya bekerja tampah mengenal waktu, contohnya saja ketika berada di WC, ketika ada pengunjung yang keluar dari WC, segera di bersihkan oleh petugasnya, jadi bisa di bayangkan betapa bersihnya. Saya mengamati hal ini mulai dari WC di hotel, WC di Mushalla, WC, di Masjid, WC di pasar, WC di mall dan sebagainya, ternyata sama saja..semuanya bersih.

Wah...mungkin kali ini saya bercerita sampai di sini dulu yah, saya akan lanjutkan kembali dengan postingan lainnya dan akan mencantumkan foto-foto yang berhasil saya abadikan dalam camdi saya. okey. trims ^_^

0 komentar: