Thursday, September 29, 2016

Jamur Aspergillus Flavus

Assalamu alaikum dan sukses selalu

Jurnalis, berbicara tentang Aspergillus Flavus, saya langsung teringat dengan makanan, teringat pada postingan saya sebelumnya tentang bahaya nasi yang sudah berwarna kuning atau merah yang dipanaskan pada magic com selama 24 jam bahkan lebih bisa mengandung jamur Aspergillus Flavus.

Berikut contoh makanan yang mengandung jamur ini, dan tentunya kita bisa mudah menemukannya, hanya saja kadang kita tidak mengetahui atau sadarii bahwa inilah Aspergillus Flavus.


Jamur ini bersifat patogen pada penyimpanan bahan makanan yang berbentuk biji-bijian, jamur ini sangat mudah tumbuh pada makanan atau tanaman yang mati.

Penyakit yang bisa ditimbulkan oleh Aspergillus Flavus adalah :
  1. Aflatoxicosis, keracunan akibat aflatoxin yang tertelan bisa menyebabkan kerusakan hati secara langsung diikuti dengan kematian.
  2. Aspergillosis, ada 2 jenis aspergillosis, salah satunya allergic bronchopulmonary aspergillosis (ABPA), kondisi dimana jamur bisa menyebabkan gejala alergi pada sistem pernapasan tapi tidak menginvasi dan merusak jaringan.
  3. Aspergilloma adalah gangguan paru-paru yang sangat umum yang disebabkan oleh Aspergillus Flavus, yang bisa menyebabkan infeksi sel, fibrin, otot dan jaringan, biasanya menyebabkan lubang pada paru-paru. 
Spesies Aspergillus bisa berada dimana-mana, misalnya saja pada makanan, sayuran basi dan sampah daun.

0 komentar: