Sunday, December 18, 2011

Managemen Of Objektive (MBO)


Management as a system

Sebuah sistem manajemen adalah kerangka proses dan prosedur yang digunakan untuk memastikan bahwa suatu organisasi dapat memenuhi semua tugas yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan.
Sebagai contoh, sistem manajemen lingkungan memungkinkan organisasi untuk meningkatkan kinerja lingkungan mereka melalui proses perbaikan yang terus menerus. Penyederhanaan yang berlebihan adalah " Plan, Do, Check, Act ". Sebuah sistem yang lebih lengkap akan mencakup akuntabilitas (tugas tanggung jawab pribadi) dan jadwal kegiatan akan selesai, serta alat audit untuk melaksanakan tindakan korektif di samping kegiatan yang dijadwalkan, menciptakan spiral ke atas perbaikan terus-menerus.

Management as a process
manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Manajemen sebagai suatu proses. Pengertian manajemen sebagai suatu proses dapat dilihat dari pengertian menurut :
1.      Encylopedia of the social science, yaitu suatu proses dimana pelaksanaan suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi.
2.      Haiman, manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain, mengawasi usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan
3.      Georgy R. Terry, yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.
Manajemen sebagai kolektivitas yaitu merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kolektivitas atau kumpulan orang-orang inilah yang disebut dengan manajemen, sedang orang yang bertanggung jawab terhadap terlaksananya suatu tujuan atau berjalannya aktivitas manajemen disebut Manajer. Proses manajemen adalah proses perencanaan dan pengendalian dengan kinerja atau pelaksanaan dari setiap jenis kegiatan, seperti:
-       suatu proyek ( proyek proses manajemen ) atau
-       suatu proses ( proses manajemen proses, kadang-kadang disebut sebagai proses    pengukuran kinerja dan sistem manajemen ).
Ada pula yang mengartikan proses manajemen adalah penerapan pengetahuan, keterampilan, alat , teknik dan sistem untuk mendefinisikan, memvisualisasikan, mengukur, mengendalikan, melaporkan dan memperbaiki proses dengan tujuan untuk memenuhi pelanggan persyaratan menguntungkan. Hal ini dapat dibedakan dari manajemen program dalam pengelolaan program berkaitan dengan mengelola sebuah kelompok antar-bergantung proyek. Tapi dari sudut pandang lain, proses manajemen meliputi pengelolaan program. Dalam manajemen proyek , manajemen proses adalah penggunaan proses berulang untuk meningkatkan hasil proyek.

Proses Manajemen Kinerja

Cornell adalah berjuang untuk standarisasi proses administrasi dan alat-alat di kampus untuk menciptakan efisiensi dan meningkatkan efektivitas. Proses manajemen kinerja yang konsisten, alat penilaian, penilaian, dan rencana pembangunan membantu meningkatkan efektivitas supervisor dan karyawan di dalam dan di unit.

Sebuah Manajemen Kinerja Efektif Proses (PMP):

·         Memaksimalkan keterlibatan staf, pengembangan, dan kinerja
·         Apakah konsisten di seluruh unit untuk meningkatkan pengembangan dan pemanfaatan penuh
bakat
·         Tetap fleksibel, efisien, terukur, adil, transparan
·         Memberikan keselarasan yang lebih baik dari peran staf dan tujuan dengan misi universitas
·         Meningkatkan terus-menerus dan manajemen suksesi proaktif
·         Cornell Filosofi Manajemen Kinerja:
·         Alamat hubungan karyawan untuk lembaga, dari saat mereka direkrut, melalui pertumbuhan dan perkembangan mereka, dengan waktu mereka berangkat
·         Melibatkan dan mengembangkan karyawan sepanjang tahun
·         Menetapkan tujuan dan ukuran kinerja untuk tujuan-tujuan
·         Tergantung pada pengawas memberikan yang jelas, umpan balik perkembangan
·         Termasuk review kinerja masa lalu dan berfokus pada tujuan dan peluang pembangunan masa depan yang disesuaikan dengan individu, unit, dan tujuan universitas

Manajemen Kinerja Model Proses

Management as a function
Manajemen di semua kegiatan bisnis dan organisasi adalah tindakan membuat orang bersama-sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan tujuan menggunakan sumber daya yang tersedia secara efisien dan efektif. Manajemen terdiri dari perencanaan , pengorganisasian , staf , memimpin atau mengarahkan, dan mengendalikan sebuah organisasi (kelompok dari satu atau lebih orang atau entitas) atau usaha untuk tujuan mencapai tujuan. Resourcing meliputi penyebaran dan manipulasi sumber daya manusia , keuangan sumber daya, teknologi sumber daya dan sumber daya alam .
Karena organisasi dapat dipandang sebagai sistem , manajemen juga dapat didefinisikan sebagai tindakan manusia, termasuk desain, untuk memfasilitasi produksi hasil yang berguna dari sistem. Pandangan ini membuka kesempatan untuk 'mengelola' diri sendiri, pra-syarat untuk mencoba mengelola orang lain.
Pada awalnya, orang berpikir tentang manajemen fungsional, sebagai tindakan untuk mengukur kuantitas secara teratur dan menyesuaikan beberapa awal rencana , atau sebagai tindakan yang diambil untuk mencapai satu dimaksudkan tujuan . Ini berlaku bahkan dalam situasi di mana perencanaan tidak terjadi. Dari perspektif ini, Henri Fayol (1841-1925)  menganggap manajemen terdiri dari enam fungsi : peramalan, perencanaan, pengorganisasian, memimpin, mengkoordinasikan dan mengendalikan. Dia adalah salah satu kontributor paling berpengaruh pada konsep manajemen modern.
Cara lain berpikir, Mary Parker Follet (1868-1933), yang menulis tentang topik di awal abad kedua puluh, manajemen didefinisikan sebagai "seni mendapatkan sesuatu melalui orang". Dia digambarkan sebagai filosofi manajemen.
Beberapa orang, bagaimanapun, menemukan definisi ini berguna tetapi terlalu sempit. Ungkapan "manajemen adalah apa yang manajer" terjadi secara luas, menunjukkan kesulitan mendefinisikan manajemen, sifat pergeseran definisi dan sambungan praktek manajerial dengan adanya manajerial kader atau kelas.
Fungsi manajemen untuk menggambarkan pekerjaan manajer. Fungsi yang paling sering dikutip dari manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan mengendalikan, meskipun beberapa fungsi mengidentifikasi tambahan. Fungsi manajemen mendefinisikan proses manajemen yang berbeda dari akuntansi, keuangan, pemasaran, dan fungsi bisnis lainnya. Fungsi ini menyediakan cara yang berguna untuk mengklasifikasi informasi tentang manajemen, dan teks manajemen yang paling dasar sejak tahun 1950 telah diorganisir sekitar kerangka fungsional.
Menurut Fayol, memerintah sebagai fungsi manajerial yang bersangkutan pengawasan pribadi dari bawahan dan terlibat mengilhami mereka untuk menempatkan usaha sebagainya terpadu untuk mencapai tujuan. Fayol menekankan pentingnya pemahaman manajer orang-orang yang bekerja untuk mereka, menetapkan contoh yang baik, memperlakukan bawahan dengan cara yang konsisten dengan kebijakan perusahaan, mendelegasikan, dan berkomunikasi melalui pertemuan dan konferensi.

-       Perencanaan

Perencanaan adalah fungsi manajemen yang melibatkan pengaturan tujuan dan menentukan suatu tindakan untuk mencapai tujuan tersebut. Perencanaan mengharuskan bahwa para manajer harus menyadari kondisi lingkungan yang dihadapi organisasi mereka dan kondisi meramalkan masa depan. Hal ini juga mensyaratkan bahwa manajer harus pembuat keputusan yang baik.
Perencanaan adalah suatu proses yang terdiri dari beberapa langkah. Proses ini dimulai dengan scanning lingkungan, yang berarti bahwa para perencana harus menyadari kontinjensi penting yang dihadapi organisasi mereka dalam hal kondisi ekonomi, pesaing mereka, dan pelanggan mereka. Perencana kemudian harus mencoba untuk meramalkan kondisi masa depan. Ramalan ini membentuk dasar untuk perencanaan.
Perencana harus menetapkan tujuan, yang merupakan pernyataan dari apa yang harus dicapai dan kapan. Perencana kemudian harus mengidentifikasi program alternatif tindakan untuk mencapai tujuan. Setelah mengevaluasi berbagai alternatif, perencana harus membuat keputusan tentang program terbaik dari tindakan untuk mencapai tujuan. Mereka kemudian harus merumuskan langkah yang diperlukan dan memastikan pelaksanaan yang efektif dari rencana. Akhirnya, perencana harus terus-menerus mengevaluasi keberhasilan rencana mereka dan mengambil tindakan korektif bila diperlukan.

-       Pengorganisasian

Pengorganisasian adalah fungsi manajemen yang melibatkan mengembangkan struktur organisasi dan mengalokasikan sumber daya manusia untuk memastikan pencapaian tujuan. Struktur organisasi adalah kerangka di mana usaha yang terkoordinasi. Struktur ini biasanya diwakili oleh suatu bagan organisasi, yang menyediakan representasi grafis dari rantai komando dalam sebuah organisasi. Keputusan yang dibuat tentang struktur organisasi umumnya disebut sebagai keputusan "desain organisasi".
Pengorganisasian juga melibatkan desain pekerjaan individu dalam organisasi. Keputusan harus dibuat tentang tugas dan tanggung jawab pekerjaan individual maupun cara di mana tugas-tugas harus dilakukan. Keputusan yang dibuat tentang sifat pekerjaan dalam organisasi yang umumnya disebut "pekerjaan desain" keputusan.
Pengorganisasian di tingkat organisasi melibatkan memutuskan bagaimana cara terbaik untuk departementalisasi, atau pekerjaan klaster ke departemen untuk secara efektif mengkoordinasikan upaya. Ada banyak cara yang berbeda untuk departementalisasi, termasuk pengorganisasian berdasarkan fungsi, produk, geografi pelanggan, atau. Banyak organisasi yang lebih besar menggunakan beberapa metode departmentalization. Pengorganisasian di tingkat pekerjaan melibatkan bagaimana cara terbaik untuk desain pekerjaan individu untuk paling efektif menggunakan sumber daya manusia.
Memimpin melibatkan mempengaruhi orang lain menuju pencapaian tujuan organisasi. Efektif terkemuka membutuhkan manajer untuk memotivasi bawahan, berkomunikasi secara efektif, dan efektif menggunakan kekuatan. Jika manajer adalah pemimpin yang efektif, bawahan mereka akan antusias mengerahkan upaya menuju pencapaian tujuan organisasi.
Untuk menjadi efektif dalam memimpin, manajer harus terlebih dahulu memahami kepribadian bawahan mereka, nilai, sikap, dan emosi. Oleh karena itu, ilmu perilaku telah membuat banyak kontribusi untuk memahami fungsi manajemen. Kepribadian penelitian dan studi tentang sikap kerja memberikan informasi penting tentang bagaimana manajer dapat paling efektif memimpin bawahan.
Studi motivasi dan teori motivasi yang memberikan informasi penting tentang cara-cara di mana para pekerja dapat diberi energi untuk mengajukan upaya produktif. Studi komunikasi memberikan arahan tentang bagaimana manajer dapat efektif dan persuasif berkomunikasi. Studi kepemimpinan dan gaya kepemimpinan memberikan informasi mengenai pertanyaan-pertanyaan seperti, "Apa yang membuat seorang manajer pemimpin yang baik?" dan "Dalam situasi apa yang gaya kepemimpinan tertentu yang paling tepat dan efektif?"

-       Pengendalian

Mengendalikan melibatkan memastikan bahwa kinerja tidak menyimpang dari standar. Mengontrol terdiri dari tiga langkah, yang meliputi penetapan standar kinerja, membandingkan kinerja aktual terhadap standar, dan mengambil tindakan korektif bila diperlukan. Standar kinerja seringkali dinyatakan dalam istilah moneter seperti pendapatan, biaya, atau keuntungan, tetapi juga dapat dinyatakan dalam istilah lain, seperti unit yang diproduksi, jumlah produk cacat, atau tingkat layanan pelanggan.
Pengukuran kinerja dapat dilakukan dengan beberapa cara, tergantung pada standar kinerja, termasuk laporan keuangan, laporan penjualan, hasil produksi, kepuasan pelanggan, dan penilaian kinerja formal. Manajer pada semua tingkatan terlibat dalam fungsi manajerial pengendalian untuk beberapa derajat.
Fungsi manajerial pengendali tidak harus bingung dengan kontrol dalam arti perilaku atau manipulatif. Fungsi ini tidak berarti bahwa manajer harus berusaha untuk mengontrol atau memanipulasi kepribadian, nilai, sikap, atau emosi bawahan mereka. Sebaliknya, fungsi manajemen keprihatinan peran manajer dalam mengambil tindakan yang diperlukan untuk memastikan bahwa kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan bawahan yang konsisten dengan dan memberikan kontribusi menuju pencapaian tujuan organisasi dan departemen.
            Mengendalikan efektif memerlukan adanya rencana, karena perencanaan menyediakan pemahaman yang jelas tentang di mana tanggung jawab untuk penyimpangan dari standar kebohongan. Dua teknik kontrol tradisional adalah anggaran dan audit kinerja. Meskipun mengendalikan sering dianggap dalam hal kriteria keuangan, manajer juga harus mengontrol produksi / proses operasi, prosedur untuk pengiriman layanan, sesuai dengan kebijakan perusahaan, dan kegiatan lainnya dalam organisasi.
            Fungsi manajemen perencanaan, pengorganisasian, memimpin, dan mengendalikan secara luas dianggap sebagai cara terbaik untuk menggambarkan pekerjaan manajer serta cara terbaik untuk mengklasifikasikan akumulasi pengetahuan tentang studi manajemen. Meskipun telah ada perubahan besar dalam lingkungan yang dihadapi oleh para manajer dan alat yang digunakan oleh manajer untuk melakukan peran mereka, manajer masih melakukan fungsi-fungsi penting.
Management as a science
Manajemen sebagai suatu ilmu pengetahuan, karena telah dipelajari sejak lama, dan telah diorganisasikan menjadi suatu teori. Hal ini dikarenakan didalamnya menjelaskan tentang gejala-gejala manajemen, gejala-gejala ini lalu diteliti dengan menggunakan metode ilmiah yang dirumuskan dalam bentuk prinsip-prinsip yang diujudkan dalam bentuk suatu teori.
Management as a group of people
Manajemen sebagai kumpulan orang (management as people / group of people) adalah suatu istilah yang dipakai dalam arti kolektif untuk menunjukkan jabatan kepemimpinan di dalam organisasi antara lain kelompok pimpinan atas, kelompok pimpinan tengah dan kelompok pimpinan bawah
Management as a separate activity
Management as a separate activity adalah manajemen mempunyai kegiatan sendiri, terpisah secara tehnis.

Berdasarkan aktivitas manajemen dan biaya berdasarkan aktivitas (ABM / ABC) telah membawa perubahan radikal dalam sistem manajemen biaya. ABM telah tumbuh sebagian besar keluar dari pekerjaan berbasis Texas Konsorsium untuk Advanced Manufaktur Internasional  (CAM I). tidak ada lagi adalah penerapan ABM yang terbatas pada organisasi manufaktur. Prinsip-prinsip dan filosofi berdasarkan aktivitas berpikir berlaku sama untuk perusahaan jasa, instansi pemerintah dan proses industri. Singkatan itu sendiri telah berkembang dari ABC untuk ABCM(kegiatan-berbasis biaya manajemen) untuk ABM, dan aplikasi dari ABC berevolusi dari orientasi produk manufaktur biaya untuk manajemen sebuah filosofi manajemen diterapkan dalam kegiatan industri dan selain organisasi manufaktur
Biaya berdasarkan aktivitas dan aktivitas berbasis manajemen telah sekitar lebih dari lima belas tahun. Sebagian besar berpikiran maju perusahaan telah dilaksanakan mereka, atau sedang dalam proses melakukannya. ABC bukanlah metode biaya, tapi teknik untuk mengelola organisasi yang lebih baik. Ini adalah latihan satu-off yang mengukur biaya dan kinerja kegiatan, sumber daya dan obyek yang mengkonsumsinya untuk menghasilkan lebih akurat dan bermakna informasi untuk pengambilan keputusan. ABM menarik di ABC untuk menyediakan manajemen pelaporan dan pengambilan keputusan.

Management as a profesion
Management as a profesion adalah manajemen mempunyai bidang keahlian tertentu (sebagai suatu profesi).
Dalam jaman modern ini semua jenis kegiatan selalu harus dimanajemeni, dalam arti aturan yang jelas, dan sekarang boleh dikata bahwa bidang manajemen sudah merupakan suatu profesi bagi ahlinya. Mengapa demikian karena dalam kegiatan apapun pekerjaan harus dikerjakan secara efisien dan efektif, sehingga diperoleh masukan atau input yang besar.
Edgar H Schein dalam bukunya yang berjudul organization socialization and the profession of Managemen menguraikan karakteristik atau criteria-kriteria sesuatu bisa dijadikan suatu profesi yaitu :
1.      Para professional membuat keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum yang berlaku dalam situasi dan lingkungan, hal ini banyak ditunjang dengan banyaknya pendidikan-pendidikan yang tujuannya mendidik siswanya menjadi seorang professional. Misalnya Akademi Pendidikan Profesi Manajemen, kursus-kursus dan program-program latihan dan lain sebagainya.
2.      Para profesioal memperoleh status dengan cara mencapai suatu standar prestasi kerja tertentu, ini tidak didasarkan pada keturunan, favoritas, suku bangsa, agama dam criteria-kriteria lainnya.
3.      Para professional harus ditentukan oleh suatu kode etik yang kuat. 


0 komentar: