Tuesday, July 12, 2011

Kehilangan berbuah kebahagiaan.

               Kehilangan seseorang yang sangat dicintai adalah sebuah hal yang sangat memilukan hati dan sangat berbekas dalam benak. seorang ibu yang kehilangan anak yang ia kasihi janganlah terlalu bersedih hati karena setiap yang ditakdirkan Allah SWT pasti adalah hikmahnya. sebagaimana arti sebuah kehilangan yang dapat berbuah kebahagiaan manakala kita mampu memaknai segalanya.
               Diriwayatkan dari Ummu ar-Rabi' binti al-Bara', dia merupakan ibunda dari Haritsah ibn suraqah yang wafat pada perang Badar. Ummu ar-Rabi menghadap Nabi saw untuk mendengar berita tentang anaknya yang mati syahid agar menenteramkan hatinya: "Wahai Rasulullah saw, kabarkan aku tentang Haritsah. Jika dia ada di surga, maka aku akan bersabar. Namun, jika ia berada di tempat lainnya, maka aku akan menangis sekuat-kuatnya. "Nabi saw bersabda : "Wahai Ummu Haritsah, di surga terdapat banyak taman, dan anakmu berada di taman Firdaus yang paling tinggi."
               Kehilangan anak merupakan sesuatu yang luar biasa yang mencabik-cabikkan hati dan menggetarkan dada. Wanita itu bertanya kepada Rasulullah saw. Jika anaknya berada di syurga, maka dia akan berjumpa kembali dengan izin Allah. Kesabarannya atas keterpisahannya dengan anaknya mengangkat derajatnya dan derajat anaknya di surga. Jika tidak demikian, maka akan membuatnya menangis sejadi-jadinya karena berpisah dengan anak yang di kasihinya. Inilah yang mampu dia lakukan dan kesabarannya itu sangat agung. Sesungguhnya dia seorang ibu yang kehilangan anaknya , yang penyayang, yang sabar dan ikhlas.
              Adalah hal yang amat sulit untuk tidak merasakan sedih yang mendalam manakala kehilangan seorang anak namun semoga anda atau keluarga yang mengalaminya dapat terpahamkan dan bisa bersabar akan segala takdir yang Allah SWT telah takdirkan karena semua tiada yang sia-sia. Allahu Akbar.

0 komentar: