Monday, July 18, 2011

Pembuatan Bakso

Bahan yang digunakan
1.      Daging segar
Daging yang umum digunakan untuk pembuatan bakso adalah daging sapi. Akan tetapi, dapat juga digunakan daging hewan lain, seperti kambing, domba, ikan, dan kerbau.
2.      Tepung tapioca
Tepung tapioca mudah diperoleh, baik dipasar maupun di warung-warung.
3.      Garam
4.      Bumbu-bumbu (merica, bawang merah goring, bawang putih dan penyedap lainnya)
5.      Air

Pembuatan Bakso
Mari kita belajar membuat bakso dengan cara berikut ini :
1.      Cincanglah daging dengan menggunakan pisau besar (pisau cincang) yang tajam di atas landasan kayu, sampai halus. Untuk membantu supaya daging halus. Untuk membantu supaya daging menjadi lumat/halus dan lemaknya tidak terpisah serta warna daging tetap segar, selama memancing tambahan air dan garam.
2.      Semua bumbu-bumbu yaitu bawang putih, merica dan garam serta bawang merah yang telah digoreng dihaluskan. Setelah halus dimasukkan atau dicampurkan ke dalam cincangan daging.
3.      Campurkan tepung tapioca sebagai bahan penambah ke dalam adonan daging cincang, sambil diaduk ditambahkan air secukupnya sampai adonan itu tercampur dengan merata.
4.      Lakukanlah pencetakan adonan dalam bentuk bulat-bulat dengan memakai sendok sambil dicelupkan ke dalam air panas.
5.      Tunggulah beberapa menit sampai bulatan bakso itu matang, yaitu tampak pada waktu bulatan tersebut mengapung di atas air. Setelah itu, barulah bakso diangkat dan tiriskan.

0 komentar:

Post a Comment