Tuesday, June 28, 2011

Bagaimana mengenali ikan yang masih segar

Bagi kaum hawa yang sering ke pasar untuk berbelanja keperluan sehari-hari, di segmen kali ini akan saya bahas sekelumit tentang bagaimanakah ciri-ciri ikan yang segar, karena sudah diketahui secara umum bahwa ikan yang segar terdapat kandungan gizi yang tinggi ketimbang ikan yang tidak segar lagi. Jika tidak diperlakukan dengan benar, ikan mudah mengalami kerusakan. Ini karena kandungan air yang tinggi pada ikan, Ikan juga mengandung enzim pengurai protein menjadi isobutilamin, kadaverin dan putresin yang menyebabkan aroma kurang sedap. Untuk mempertahankan kesegaran ikan sebaiknya disimpan di tempat bersuhu rendah. Di dalam kulkas, ikan dapat bertahan segar selama beberapa hari. Sedangkan jika disimpan di dalam freezer, ikan dapat bebrtahan hingga berbulan-bulan. Adapun ciri-ciri ikan segar adalah;
1.     Mata ikan jernih, kornea bening, pupil hitam dan mata cembung. Sedangkan ikan tidak segar mata cekung, buram serta mata kelabu tertutup lendir.
2.    Insang ikan segar merah segar, jika sudah menurun kualitasnya insang menjadi keabuan, berlendir dan bau.
3.   Lendir ikan segar bening dan baunya khas ikan. Jika sudah membusuk, lendir menjadi kekuningan, lengket dan aroma menyengat.
4.    Sisik ikan segar melekat kuat, mengkilap dan tertutup lendir jernih. Jika sudah tidak segar, sisik berubah menjadi mudah lepas dan warna memudar.
5.   Aroma ikan segar berbau khas ikan. Jika sudah tidak segar berbau busuk dan biasanya mengapung jika diletakan di dalam air.
6.   Daging ikan segar elastis dan bewarna cerah, jika ditekan tidak menimbulkan bekas permanen. Ikan busuk berwarna pucat, lunak dan menimbulkan jejak permanen jika ditekan.
Itulah beberapa cara yang bisa anda coba ketika memilih ikan segar sebagai pilihan untuk bahan makanan keluarga. Selamat mencoba semoga info ini bermanfaat meski terbilang sederhana..

0 komentar: