Thursday, June 23, 2011

Cerdas dengan makanan

     Banyak orang berasumsi bahwa jika ingin cerdas kuncinya hanya dengan belajar. 

Memang hal itu juga adalah salah satu jalan untuk menjadi cerdas namun selain itu dibutuhkan pula nutrisi bagi otak demi kesehatan itu sendiri. kali ini saya ingin membagi saran-saran untuk cerdas dengan makanan sebagaimana Pierce Howard menuliskan buku yang komprehensif tentang otak . mari kita simak bersama…yups
1.  Utamakan ikan, daging unggas tanpa kulit, daging tak berlemak, atau susu yang rendah lemaknya dan karbohidrat kompleks (buah-buahan, sayuran, dan tepung).
2.  Batasi kuning telur, daging lemak, makanan yang digoreng, makanan berlemak (kue-kuean, dressing), lemak hewani (yang tidak punya faedah dan dapat menimbulkan kanker, alcohol dan kebanyakan kerang-kerangan)
3.  Hilangkan suplemen makanan, seperti vitamin dan mineral, kecuali kalau direkomendasikan oleh dokter. Kelebihan dosis, kecuali ditentukan oleh dokter, bukan saja meragukan manfaatnya tetapi juga bisa meracuni.
4.  Lemak harus terdiri tidak lebih dari 30% kalori harian Anda. Sebagai petunjuk umum, satu sendok selai kacang mengandung 8 gram lemak atau 90 kalori. Itu berarti kebutuhan 2.100 kalori dapat dipenuhi dengan tidak lebih tujuh sendok makan selai kacang setiap hari.
5.  Dari maksimum lemak yang dibutuhkan (sama dengan tujuh sendok makan selai kacang sehari) tidak boleh lebih dari 10% (kurang dari satu sendok makan selai kacang haruslah berupa lemak jenuh seperti minyak kelapa atau lemak hewani)
6.   Batasi garam hanya sekitar satu sendok the setiap hari
7.  Suplemen vitamin sebaiknya diserap bersama makanan lainnya. Tetapi kafein menghambat penyerapan. Jadi ambillah multivitamin beserta makanan yang tidak ada kopi, the atau soda yang mengandung kafein.
Ini adalah saran-saran yang mungkin saja berguna buat anda. Terima kasih.

0 komentar: