Friday, August 29, 2014

Belajar SPSS

Bagaiaman cara belajar SPSS, terutama bagi pemula...

Salah satuu tools yang bisa digunakan untuk membantu anda menganalisis data adalah SPSS...saat melakukan postingan ini saya sudah dapatkan SPSS versi 21.

Apa yang perlu dilakukan ?
Hal utama adalah tentunya dengan mengumpulkan data melalui pendataan menggunakan kuesioner.
Setelah itu kita lakukan clearing data untuk memastikan data kita sudah siap untuk di entri ke SPSS.

Maaf yah sebelumnya saya mneulis belajar SPSS karena saya pun sedang belajar, tapi saya mau sharing buku yang saya gunakan pertama kali belajar SPSS yakni buku dari Agus Riyanto, dijamin anda pemula cepat ngerti.

Setelah data siap di input, kemudian lakukanlah penginputan melalui data view...namun sebelumnya input semua pertanyaan-pertanyaannya ke variabel view, setelah itu input satu persatu jawaban dari responden dengan menggunakan kode.

Mengenai SPSS yang bagus digunakan, menurut dosen statistik saya, gunakan SPSS 18 karena diantara versi-versi yang ada, yang terlengkap adalah SPSS versi 18, jadi saran saya gunakanlah versi itu.

Mengenai teknik pengolahan data, anda bisa membeli buku-buku penunjang seperti bukunya Sopyuddin. Bhisma Murti.

Jangan lupa membeli buku metodologi penelitian agar penelitian anda seiring dan sejalan dengan tujuan anda.

Ada banyak buku yang anda bisa pilih. Anda pun bisa search langsung di google untuk memudahkan pencarian buku penunjang. Trims yah atas kunjungannya,

0 komentar: