Friday, August 22, 2014

Ebola

Assalamu alaikum dan selamat pagi....

Tema kali ini adalah ebola..
Ebola adalah virus yang mematikan dan belum ada obatnya...virus yang pertama kali muncul dari zaire dan sudan. Para ilmuwan percaya bahwa penyebar virus ini adalah kelelawar, Penularan pertama kali terjadi ketika kera dan manusia memakan buah yang telah dimakan atau tersentu air liur kelelawar atau karena kera dan manusia telah menyentuh benda-benda yang telah tersentuh oleh air liur kelelawar.
Menurut kompas dot com, ebola di Afrika barat telah menewaskan lebih dari 1000 orang dan lebih dari setengahnya telah meninggal sehingga mengkhawatirkan dunia.

Ebola adalah virus dari genus Ebolavirus (EBOV). Terdapat 4 genus yang diakui berada pada Ebolavirus yaitu genus virus, demam hemorrhagic ebola (EHF), virus demam hemorrhagic (VHF),  Perlu untuk diketahui adalah bagaimana gejala-gejalanya :
1. Muntah
2. Diare
3. Pendarahan dalam dan luar
4. Demam
5. Nyeri otot
6. Lemas
7. Sakit Kepala
8. Kehilangan nafsu makan, dan sebagainya.

Vaksin dan obat untuk manusia sampai kini belum ditemukan, sehingga jika terjangkit maka kemungkinan hidup adalah 0 % atau boleh dikatakan ketika terjangkit maka kematian menanti dalam kurun waktu 6 hari hingga 20 hari. Sehingga bukan saja sangat ditakuti oleh satu orang namun seluruh dunia.

Penularan virus ini melalui kontak langsung misalnya, keringat, liur, cairan sperma, darah, dan sebagainya. sejauh ini penularan melalui udara tidak ditemukan. Oleh karena itu perlu diwaspadai dengan menjaga kebersihan diri terutama cuci tangan dengan sabun. Penularan melalui binatang terinfeksi yang telah mati harus diwaspadai, demikian pula saat menyelenggarakan jenazah dengan menggunakan sarun tangan dan baju anti cairan sehingga bisa terhindar dari kontak langsung dengan penderita. Virus ini mampu memperbanyak diri di semua sel inang.

Penularan virus secara tidak langsung melalui alat-alat medis misalnya melalui jarum suntik yang telah digunakan penderita dan terkena pada orang sehat, atau peralatan yang terkena cairah tubuh atau darah penderita.

Wabah Ebola ini baru ditemukan di Guinea, Liberia, Sierra Leoni dan Nigeria. Namun kita harus terus waspada karena mobilisasi semakin hari semakin mudah sehingga seluruh dunia harus terus waspada terhadap penularannya. dengan tetap terus berupaya mencari vaksinasi dan obatnya.

Ada banyak penyakit mematikan selain ebola, misalnya Influenza, campak, rabies, HIV dan AIDS, malaria. Hal yang perlu kita lakukan adalah mencegah lebih utama daripada mengobati.
Lakukan hal-hal yang positif, jaga kebersihan, pola hidup sehat, dan Dekatkan diri kepada yang kuasa, kematian pasti datang, hadapi hidup dengan penuh bijak.

Wassalamu alaikum..warahmatullahi wabarakatuh..

Terima kasih






0 komentar: