Monday, September 22, 2014

Epidemiologi Penykit tidak menular

Berkenaan dengan perubahan yang dialami oleh masyarakat akibat dari kemajuan zaman, yang dulunya masih negara berkembang agraris menuju negara industri. Indonesia mengalami transisi epidemiologi dari penyakit menular menuju penanganan penyakit tidak menular. Meskipun disadari bahya seyogyanya kita masih sangat perlu ekstra bekerja disebabkan karena Indonesia sedang menghadapi beban ganda yakni penyakit menular dan sekaligus mengurusi masalah penyakit tidak menular.

Secara epidemiologi,  Epidemiologi berasal dari kata epi : pada, demos : penduduk, logos : ilmu yang berarti ilmu yang mempelajari tentang hal-hal yang berkaitan dengan masyarakat. Penyakit tidak menular telah menunjukkan angka kejadian yang lebih tinggi dibandingkan dengan penyakit tidak menular seiring dan sejalan dengan kemajuan tekhnologi dan kemajuan dunia pengobatan serta kedokteran.

 Sasaran MDGs tahun 2015 mengenai penyakit-penyakit menular seperti TB, HIV/AIDS dan penyakit menular lainnya sudah menunjukkan progres yang sangat baik, namun tidak bisa dipungkiri usaha tersebut belum maksimal sebagaimana yang diharapkan. hal ini terkait dengan banyak faktor yang mempengaruhi masyarakat sehingga sulit untuk sembuh, diantaranya adalah faktor budaya, sosial ekonomi, faktor geografis, akses yankes. Sehingga beban ganda ini merupakan PR besar bagi seluruh masyarakat Indonesia. karena bagaimanapun juga hal ini tidak serta merta menjadi tugas dari petugas kesehatan melainkan tugas kita bersama.

Angka harapan hidup bertambah seiring dan sejalan dengan kemajuan tersebut, sehingga usia tua semakin bertambah banyak, sebagaimana diketahui bahwa penyakit tidak menular lebih banyak di temukan pada mereka yang berusia lanjut.

Penyakit tidak menular sangat dipengaruhi oleh pola makan, alkoholisme, tembakau, diet, stres, lingkungan kerja, dan sebagainya.

Dalam upaya untuk menghindari penyakit-penyakit tidak menular tersebut, maka hal yang harus dilakukan adalah dengan menghindari hal-hal yang memicu penyakit tersebut atau dengan tidak melakukan hal-hal yang berisiko. seperti melakukan pola hidup sehat, gaya hidup sehat, olahraga yang teratur, managemen stres, menghindari alkoholisme dan tembakau yang sebenarnya memang diharamkan oleh ajaran agama Islam bagi anda yang muslim.

Sekian dan Terima kasih....


0 komentar: