Monday, February 20, 2012

Arti Pernikahan


Menikah adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh dua insan untuk selalu bersama mengarungi samudra kehidupan dalam suka maupun duka. Menikah menjadi sebuah hal yang sangat di idam-idamkan oleh manusia sebagai bentuk pengabdian kepada Allah SWT, dan sebagai bentuk perwujudan saling kasih mengasihi yang diikat dengan sebuah hubungan atau ikatan yang sah. Menikah merupakan jalan untuk menyalurkan hasrat yang harus di salurkan ketika seseorang sudah memasuki fase pematangan sel telur dan sperma.

Ada banyak kata yang bisa mengungkapkan sebuah pernikahan, namun seyogyanya sebuah pernikahan adalah bagaiaman memperoleh kebahagiaan di dunia dan diakhirat.Hal yang mengeherankan malah muncul dalam kehidupan kita sehari-hari sejalan dengan perkembangan zaman. Begitu banyak pasangan suami istri yang saling menggugat untuk melakukan perceraian dengan berbagai alasan yang mereka alami.
Dalam Islam perceraian diperbolehkan, namun perbuatan yang sangat dibenci oleh Allah SWT.

Melihat media massa yang terus menerus menayangkan atau menampilkan masalah perceraian, sangat mengetuk hati banyak orang disebabkan karena hal tersebut sangat berimbas kepada anak yang tidak punya kesalahan dan tidak berdosa. Perkembangan psikologi anak sangat dipengaruhi oleh keadaan di sekitarnya. Orang tua adalah orang yang selalu berada dan bersama dengan anak akan merasakan kesedihan, keterpukulan dan merasakan hal-hal yang bisa membuat anak cenderung menjadi anak yang pendiam namun memendam banyak rasa.

Menikah merupakan media untuk mencurahkan dan menumpahkan rasa antara dua insan dan dengan ikatan tersebut bisa membawa mereka ke jenjang yang lebih termasuk mengasuh dan membesarkan anak dalam berbagai masalah yang harus dengan sabar untuk dilalui.

Dalam pernikahan pasti ada keluh dan kesah, susah dan senang, sedih dan bahagia namun itulah seni dalam berumah tangga. puncak dari kebahagiaan adalah adanya anak yang lahir dari benih dan dari perempuan yang dicintai. Mempersatukan dua karakter yang berbeda adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan, namun hal itu adalah seni yang mesti dilalui oleh pasangan suami istri.

Kunci dari responden yang telah menikah dalam menghadapi masalah rumah tangga adalah saling pengertian, bersabar, perhatian dan kasih sayang, dan saling menjaga satu sama lain.Menurut responden yang lain mengatakan bahwa pernikahan itu memiliki fase-fase yang akan mengalami klimaks, yakni awal pernikahan, 5 tahun usia pernikahan, kemudian 8 tahun usia pernikahan, dan seterusnya. dan melalui kunci pengertian, sabar,  perhatian dan kasih sayang maka semua dapat diatasi.

Menikah adalah hal yang indah, namun butuh kesabaran, perhatian, kasih sayang dan perhatian adalah kuncinya. Terima kasih dan silahkan mencoba tips dari beberapa responden yang telah mengalaminya.

4 komentar:

  1. Pernikahan itu adalah momen yang sangat bahagia dan berharap cukup 1x merasakannya :)

    ReplyDelete
  2. Pernikahan itu adalah momen yang sangat bahagia dan berharap cukup 1x merasakannya :)

    ReplyDelete
  3. pernikahan, menjadikan manusia utuh berjalan dalam hidup, tak pernah lelah untuk bekerja...

    ReplyDelete