Wednesday, February 8, 2012

Donat


Kue yang dikenal di Indonesia dengan istilah kue yang bolong tengahnya, apalagi kalau bukan donat. Donat dengan beranekaragam rasa yang bisa di taburkan di atasnya, mulai dari keju, cokelat, ceres, kenari, strauberry dan sebagainya. Selain bisa menggugah selera saat melihatnya ternyata rasanya sangat ueenakk…banget he..he..dalam kesempatan kali ini saya tidak membahas tentang cara pembuatannya, namun lebih kepada asal keberadaan donat di Indonesia.
Siapa yang sangka kalau awalnya donat itu awalnya dikenal pada tahun 1968, stan American Donut di Djakarta Fair (sekarang disebut Pekan Raya Jakarta) merupakan perintis donat yang digoreng dengan mesin otomatis. Sejak itu, American Donut memiliki tradisi tahunan membuka stan di Pekan Raya Jakarta hingga sekarang.
Kemudian pada tahun 1985, Dunkin’Donuts membuka gerai pertama di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta Pusat yang terus berkembang menjadi lebih dari 200 gerai di berbagai kota di Indonesia. Yang kemudian diikuti dengan donat-donat waralaba asing lainnya seperti Master Ring, Master Donut, dan Mister Donut.
Dengan makin digemarinya kue ini, Demam donat dibangkitkan kembali oleh J.CO Donuts & Coffee yang membuka gerai pertamanya di Super Mall Karawaci pada tanggal 26 Juni 2005. Keberhasilan J.CO diikuti Krispy Kreme yang membuka gerai donatnya yang pertama di Mal Pondok Indah 2 pada tanggal 31 Agustus 2006. J.CO sebagai merek lokal didirikan oleh Johnny Andrean seorang penata rambut terkemuka di Indonesia.
Donat produksi industri kecil biasanya dijajakan berkeliling menggunakan sepeda atau sepeda motor. Di dalam bus, pedagang asongan menjual donat kemasan kotak dengan cara unik. Donat dalam kemasan dibagi-bagikan ke pangkuan penumpang untuk kemudian dikumpulkan kembali kalau penumpang tidak berminat.
Donat jenis ini disebut juga sebagai donat kampung untuk membedakannya dengan donat-donat yang dijual di mal dan restoran. Beberapa donat ini bisa disebut sangat aneh. bahkan sulit mengatakan bahwa itu donat. Mungkin, setiap negara punya persepsi sendiri bagaimana makanan itu disebut donat.
Hingga sekarang donat di Indonesia selalu menjadi idola semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua, dengan rasa dan kelembutan serta taburan diatasnya yang menambah selera. Demikian postingan saya mengenai resep makanan ini, namun anda perlu ingat kandungan dari makanan ini juga tidak boleh berlebih bagi tubuh anda karena banyak mengandung lemak sehingga anda perlu mengatur porsi makan anda. Terima kasih sudah berkunjung. Wassalam ^_^

0 komentar: