Thursday, February 2, 2012

Tentang Asthenopia

1.   Asthenopia yang banyak dikeluhkan oleh pekerja pengguna komputer dalam kamus ilmiah penglihatan didefinisikan sebagai keluhan subjektif penglihatan berupa penglihatan tidak nyaman, sakit dan kepekaannya berlebihan. Asthenopia sering pula diistilahkan dengan Computer Eye Syndrome yang bermanifestasi tidak spesifik seperti : lelah, nyeri penglihatan kabur, sakit kepala dan sebagainya akibat penggunaan komputer yang berlebihan.
2.   Visual Display Terminal (DVT) merupakan bagian yang paling berpengaruh terhadap kesehatan mata pekerja pengguna komputer dengan gejala antara lain : Myopia sementara, mata lelah (Asthenopia), penglihatan kabur, mata kering, iritasi, mata berair, dan peningkatan sensitivitas terhadap cahaya
3.   Aspek kesehatan dan keselamatan kerja (K3) perlu diperhatikan, walaupun bekerja dengan komputer secara sepintas tampak tidak memungkinkan adanya gangguan atau penyakit akibat kerja. Hal-hal yang berkaitan dengan aspek K3 pada pekerja pengguna komputer adalah : sarana dan prasarana (keyboard, layar monitor, meja dan kursi komputer, dan printer), lingkungan kerja dan faktor si pengguna/ pekerja sendiri.
4.   Berkomputer dengan menerapkan prinsip-prinsip ergonomis merupakan cara jitu untuk menghindari gangguan kesehatan akibat pemakaian komputer.
5.   Secara umum ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah atau mengurangi  terjadinya kelelahan mata (asthenopia) pada saat bekerja dengan komputer yaitu : atur posisi layar monitor, atur posisi dan jarak tubuh dari monitor, bersihkan layar monitor secara periodik, gunakan pencahayaan yang cukup dan tidak redup, istirahatkan mata dan  diri anda secara rutin, perbanyak minum air putih, dan jangan lupa mengedipkan mata agar tetap lembab serta rileks.

0 komentar: