Tuesday, April 24, 2012

Cara mengkritisi Jurnal


Catatan: naskah asli dalam bahasa inggris, tapi sdh sy translet ke INA dengan batas kemampuanku yang pas-pasa… hehehe

PANDUAN KRITIKAL JURNAL
Michaei Coughian, Patricia Cronin, Frances Ryan

Elemen yang mempengaruhi tingkat kepercayaan suatu penelitian
1.    Gaya penuliasan:  Apakah laporan ditulis dengan baik - ringkas, tata bahasa yang benar,
2.    Penulis : Apakah kualifikasi peneliti menunjukkan tingginya tingkat pengetahuan di bidang ini?
3.    Judul : Apakah judul penelitian tersebut jelas, akurat dan tidak ambigu?
4.    Abstrak : Apakah abstrak memberikan gambaran yang jelas dari penelitian ini termasuk masalah penelitian, sampel, metodologi, temuan dan rekomendasi?
Elemen yang mempengaruhi kekuatan penelitian

Tujuan / penelitian masalah: Apakah tujuan dari masalah studi / penelitian telah jelas?
1.    Konsistensi logis : Apakah laporan penelitian mengikuti langkah-langkah proses penelitian dengan cara logis? Apakah mengikuti langkah-langkah yang seharusnya dan mempunyai hubungan yang jelas?
2.    Literature review : apaka review ini terorganisir secara logis? Apakah itu menggunakan analisis kritis yang sesuai dengan literature yang ada? Apakah literatur yang digunakan sebagian besar adalah literature terbaru? Dan terutama berasal dari literfatur baku dan hasil-hasil penelitian?
3.    Theoreticai kerangka : Apakah kerangka konseptual atau teoritis telah ditentukan? Apakah kerangka digambarkan dengan baik? apakah kerangka kerja tersebut sesuai?
4.    Tujuan / sasaran / pertanyaan penelitian / hipotesis : Memiliki sasaran dan tujuan, apakah pertanyaan penelitian atau hipotesis telah diidentifikasi? Jika demikian apakah dinyatakan dengan jelas? Apakah mencerminkan informasi yang disajikan dalam tinjauan pustaka/litaratur?
5.    Sampel : apakah sasaran populasi telah ditentukan dengan jelas? Teknik sampel apa yang dipilih? Apakah menggunakan probabilitas atau non-probabiiity sampie? Apakah sample size yang digunakan memadai? Apakah criteria inklusi atau ekslusi sudah ditentukan dengan jelas?
6.    Ethicai pertimbangan : Apakah peserta diberikan informasi tentang jalannya penelitian? Apakah kebebasan peserta dijamin? Apakah peserta mendapat perlindungan dari bahaya penelitian? Apakah memperoleh izin ethics untuk penelitian tersebut?
7.    Operasional definisi : Apakah semua istilah, teori dan konsep yang disebutkan dalam studi telah didefinisikan dengan jelas?
8.    Metodologi : apakah disain penelitian telah deitentukan dengan jelas? Apakah instrumen pengumpulan data telah dijelaskan? adalah instrumen tersebut sesuai? Bagaimana instrument tersebut dikembangkan? Apakah reliabiiity dan validitas tes telah dilakukan dan apakah hasilnya dibahas?
9.    Data Anaiysis / hasil : Apa jenis analisis data dan statistical yang digunakan? Apakah analisis data tersebut tepat? Berapa banyak sampel yang berpartisipasi? Apakah hasil temuan signifikan?
10. Pembahasan : Apakah temuan iinhasil penelitian dihubungkan/dikaitkan kembali dengan tinjauan pustaka? Apakah hipotesis yang telah ditentukan didukung ? Apakah kekuatan dan keterbatasan penelitian termasuk generalisasi juga dibahas? Apakah rekomendasi untuk penelitian lebih lanjut dibuat?
11. Referensi : Apakah semua buku, jurnal dan media lainnya yang dimasukkan dalam penelitian merupakan referensi yang akurat??

4 komentar:

uii profile said...

saya mahasiswa dari Universitas Islam Indonesia
Artikel yang menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

lyta deristya said...

izin re post ya.. artikelnya sgt membantu :)
terimakasiih..

Princess Of The Rain said...

Sama dengan anda, artikel ini juga sangat membantu saya untuk tugas telaah akmen

herina juwitani said...

Patung Dewa Disebuah Kelenteng Harus Ditutup Kain Putih Karena Alasan IMB
Informasi Usaha budidaya
Cerita Dewasa
Novel Paling Update
Gosip Terupdate