Wednesday, April 18, 2012

Selektif memilih chanel TV

Dalam keseharian kita, bukanlah hal yang sangat luar biasa ketika kita mampu menonton lewat TV, karena hampir di setiap rumah memiliki TV bahkan di setiap rumah ada yang memiliki lebih dari 1 Televisi sebagai sarana informasi, hiburan dan sebagainya.

Menonton bukanlah hal yang dilarang melainkan sangat bagus untuk menambah informasi dan pengetahuan kita melalui berbagai informasi, berita, kisah-kisah yang inspiratif, perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi semuanya bisa ditemukan melalui Televisi melalui chanel-chanel yang telah di siapkan untuk memenuhi kebutuhan kita. namun dibalik semua itu, kita pun perlu waspada dengan menyeleksi tontonan yang bermanfaat maupun yang tidak bermanfaat untuk diri kita, terutama terhadap anak-anak yang masih kecil atau belum cukup umur untuk menonton tayangan-tayangan yang tidak sesuai dengan mereka.

Ada banyak tayangan di TV yang sangat bagus untuk perkembangan anak, namun ada banyak pula yang boleh dikatakan tidak layak untuk di tonton pada usia tertentu (belum dewasa) namun apa boleh buat banyak anak-anak menonton tanpa di dampingi oleh orang tuanya sehingga mereka mampu mencerna sendiri secara mentah-mentah informasi atau tayangan apapun yang di tampilkan.

Tingginya angka perceraian dan angka ketidakinginan menikah terhadap kalangan perempuan juga di picu oleh informasi dan tayangan-tayangan dari TV, sebab sebagian dari stasiun TV tidak memperhatikan kondisi psikologi atau dampak yang akan di akibatkan ketika sering menayangkan tayangan-tayangan demikian sebagai contoh misalnya adalah masalah perceraian dikalangan artis, mungkin hal itu dinilai bisa menjadi pelajaran kepada masayarakat umum agar tidak mengikuti jejak demikian, namun sebenarnya tidak semua orang punya pemikiran yang sama, dalam kondisi psikologi, latar belakang, dan kondisi keluarga yang berbeda hal ini sangatlah berpengaruh terhadap kehidupannya yang cenderung ikut-ikutan dengan trend centre.

Sebenarnya jika anda ingin menonton TV agar berkualitas, sebaiknya memilih chanel yang bermanfaat untuk anda dan dampingi anak saat menonton TV karena sangat berpengaruh terhadap psikologi anak, berikan tontonan yang mengangkat nilai-nilai moral yang sebenarnya sudah membuyar dalam masyarakat kita seiring dengan perkembangan zaman.

Zaman yang makin modern bukanlah sesuatu yang harus kita caci dan bukan pula sesuatu yang kita mesti hindari namun kita mesti hadapi secara bijak agar bisa mengikut ke perkembangan zaman tanpa harus terpinggirkan dan tanpa harus hanyut dalam arus yang negatif, karena setiap orang yang hidup di dunia ini punya hak untuk memilih.

Selektif dalam memilih chanel yang akan di tonton merupakan salah satu bentuk mencegah dari menghabiskan waktu untuk hal-hal yang kurang bahkan tidak penting untuk keperluan kita. Sebaiknya kita senantiasa untuk memproteksi diri dari segala perkembangan yang ada.

 

0 komentar: