Monday, September 24, 2012

Tersenyum


Sebelum anda membaca postingan saya, coba anda perhatikan gambar di atas, apa yang terlintas dalam pikiran anda dan bagaimana perasaan anda ketika melihat expresi seperti itu ??

Tahukah anda bahwa orang yang senang tersenyum akan membuat dirinya awet muda. Saat anda tersenyum, otot mata mengerut, dua otot sudut bibir tertarik otot di sekitar hidung juga, dua otot disudut mulut bergerak naik, dan dua otot lagi membuat bibir melebar. Kalau dihitung, ada 12 otot wajah yang bergerak saat seseorang tersenyum. Saat merengut, otot yang bergerak hanya sebelas. Sementara senyuman palsu hanya menggerakkan dua otot yaitu di sudut bibir. Kata David Song, MD, FAGS., ahli bedah plastik Universitas Chicago.

Senyum membuat sistem imun bekerja lebih baik. Fungsi imun tubuh bekerja maksimal saat seseorang merasa rileks. Menurut penelitian, flu dan batuk bisa hilang dengan senyum. Senyum menurunkan tekanan darah. Tidak percaya? Coba Anda mencatat tekanan darah saat anda tidak tersenyum dan catat lagi tekanan darah saat anda tersenyum saat diperiksa, Tekanan darah saat Anda tersenyum pasti lebih rendah.

Senyum melepas endorphin, pematik rasa alamiah, dan serotonin. Senyum ibarat obat alami. Senyum bisa menghasilkan endorphin, pematik rasa alamiah, dan serotonin. Ketiganya adalah hormon yang bisa mengendalikan rasa sakit. Senyum membuat awet muda. Senyuman menggerakkan banyak otot . Akibatnya otot wajah terlatih sehingga anda tidak perlu melakukan face lift. Dijamin dengan banyak tersenyum Anda akan terlihat lebih awet muda.

Senyum membuat Anda kelihatan sukses. Orang yang tersenyum terlihat lebih percaya diri, terkenal, dan bisa diandalkan. Pasang senyum saat rapat atau bertemu dengan klien. Pasti kolega Anda akan melihat Anda lebih baik. Senyum membuat orang berpikir positif.

Jika anda melihat seseoang sedih, maka berikan kepada mereka sedikit senyum yang Anda miliki." Mudah-mudahan orang itu senyum, karena ketika seseorang tersenyum betapapun sedang tidak bahagianya orang tersebut, maka otak akan mengeluarkan sejumlah zat kimia yang tak hanya meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tapi sekaligus juga membuat perasaan menjadi tenang, tentram, nyaman dan bahagia atau memberi daya angkat beban jiwa bagi kondisi psikologis seseorang. Lebih menakjubkan lagi beberapa riset mengatakan bahwa meskipun hanya diinstruksikan menampilkan wajah yang tersenyum, seseorang akan memperoleh manfaat psikologis yang sama dengan orang yang sungguh-sungguh tersenyum.

Dari riset yang lain, psikolog Alice M. Isen, Ph.D., dari Cornell University juga menyimpulkan, mereka yang banyak menonton film komedi mampu secara lebih baik menemukan solusi kreatif dalam memecahkan soal-soal 'puzzle'. Sedang studi yang dilakukan William Fry, M.D., profesor dari Stanford University, menunjukkan bahwa tertawa meningkatkan detak jantung dan memperbaiki sirkulasi di jaringan otot yang membantu perjalanan nutrisi-nutrisi dan oksigen ke dalam jaringan tubuh.

Jadi marilah kita budayakan untuk tersenyum karena tersenyum sudah terbukti sangat bermanfaat baik untuk kesehatan tubuh kita terlebih terhadap jasmani kita, wajah anda akan terlihat lebih muda dan anda akan selalu dalam suasana tenang dan tentram. Jika belum percaya silahkan anda buktikan sendiri, yang jelas saya sudah membuktikannya meskipun 4 tahun terakhir ini saya sudah mulai menghadapi banyak permasalahan kehidupan namun saya kerap menerapkan budaya tersenyum atau bahkan kerap pura-pura tersenyum demi mendapatkan ketenangan jiwa dan memang sangat ampuh untuk menentramkan jiwa yang sedang kalut.

Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa jika ingin menjaga wibawa maka kurangi senyum agar tidak di pandang remeh oleh bawahan, padahal kenyataan yang ada dengan tersenyum justru akan membuat orang menjadi akrab dan tetap menunjukkan bahwa seseorang terlihat berwibawa, malahan selain berwibawa anda akan makin terlihat awet muda dan terlihat smart, punya pemikiran yang jernih dan kreatif dalam berpikir sebagaimana hasil penelitian di atas sebelumnya, belum lagi anda akan lebih mudah bersosialisasi dengan orang lain dan akan banyak teman yang tentunya akan memperluas lahan rezeki anda.

Di akhir tulisan ini saya ingin katakan, ayo tersenyum dalam keadaan suka maupun duka karena sesungguhnya bagi umat muslim sedekah terkecil adalah memberi senyum kepada orang lain. Ayo bersedekah......

2 komentar:

sigma said...

betul gan .. tersenyum merupakan bagian dari ajaran agama ..

nurarifah_azzahra said...

betul..mari tersenyum