Tuesday, August 7, 2012

Alasan-alasan orang ingin melangsungkan pernikahan


Pada moment kali ini sengaja saya ingin menulis tentang alasan-alasan orang ingin melangsungkan pernikahan berdasarkan hasil bacaan dan hasil mendengar, bertanya kepada orang lain, dan inilah alasan-alasan tersebut antara lain :

  1. Ingin menikah karena sudah merasa tidak tahan terhadap godaan duniawi (syahwat) sehingga sebaiknya segera menikah daripada berbuat dosa.
  2. Ingin menikah karena mengikuti sunnah rasul
  3. Ingin menikah agar ada yang menemani di setiap hari-hari melalui berbagai suka dan duka kehidupan ini
  4. Ingin menikah untuk melanjutkan keturunan
  5. Ingin menikah karena merindukan kasih sayang yang bisa di rasakan setiap hari dari pasangan yang akan di nikahi
  6. Ingin menikah karena ingin membahagiakan orang tua
  7. Ingin menikah untuk merubah gaya hidupnya yang pemalas agar termotivasi untuk rajin
  8. Ingin menikah karena sangat cinta kepada seseorang dan ingin selalu bersama 
  9. Ingin menikah karena kesamaan sifat, hobi, dan watak
  10. Ingin menikah agar ada yang mengurusi kebutuhan hariannya
  11. Ingin menikah agar ada yang memperhatikan
  12. Ingin menikah untuk membantu mencari nafkah
  13. Ingin menikah agar ada tujuan hidup setelah lelah mencari nafkah di luar rumah
  14. Ingin menikah karena kesamaan kepercayaan
  15. Ingin menikah karena dijodohkan
  16. dan masih banyak lagi alasan lainnya..
Alasan-alasan orang untuk menikah beraneka ragam sesuai dengan pemahaman masing-masing orang. Namun kebalikan dari hal itu, ada pula yang merasa takut untuk menikah, bahkan lebih memilih tidak usah menikah karena berbagai alasan pula.

Kali ini saya ingin mengulas tentang alasan ingin melangsungkan pernikahan, dan di segmen lain akan membahas alasan takut menikah bahkan tidak ingin menikah.

Jika merasakan yang namanya pernikahan memang sangat penuh dengan berbagai tantangan dan ujian, sebab menikah harus mengikat dua hal yang berbeda misalnya perbedaan karakter, perbedaan watak, hobbi, kebiasaan, bahkan sampai ke hal-hal yang sangat detailpun bisa berbeda, sehingga memang nampaknya sangatlah rumit yang namanya pernikahan.

Dari hasil wawancara ke orang-orang yang pernah menikah, umumnya mengatakan bahwa memang di awal pernikahan itu kerap terjadi pertengkaran, yang membutuhkan banyak kesabaran dan kesadaran.

Kata seorang dosen saya bahwa dalam mengarungi mahligai pernikahan maka tantangan terbesar ada pada awal-awal pernikahan, dua tahun pernikahan dan lima tahun pernikahan, alasannya karena pada tahun-tahun tersebut itulah orang yang menikah kerap menunjukkan keegoisannya, terutama setelah ada anak, dimana keduanya ingin beraktivitas dan masih sulit membagi waktunya dan jika tidak ada kesabaran dan kesadaran bakal menjadi hancur rumah tangganya..

Menikah memang membutuhkan komitmen dari kedua pihak dan bukan hanya sekedar menikah karena untuk memenuhi kebutuhan Jasmaniah semata, karena sesungguhnya yang banyak berperan dalam hal ini adalah rohani (bathiniah). Terutama terhadap kaum hawa yang memiliki sifat yang sensitif dan ini harus bisa di pahami oleh kaum adam sebagai orang yang umumnya menggunakan logika dalam kehidupan sehari-hari.

Namun sebenarnya menikah itu menyenangkan ketika ada komunikasi, ada pengertian, ada perhatian dan ada kasih sayang di dalamnya. Ada yang mengatakan jika ingin pernikahan itu langgeng, maka belajarlah menjadi istri dan suami sebelum menikah, maksudnya adalah sebelum menjalani pernikahan maka pahami dahulu arti rumah tangga yang sebenarnya agar setelah menikah nanti sudah ada persiapan.

Pernikahan sebenarnya adalah anugerah, karena tidak semua orang bisa merasakan pernikahan dan tidak semua orang mampu memutuskan untuk menikah karena berbagai alasan. Pernikahan itu mesti dipelajari dan mesti dipahami, setiap masalah yang terjadi dalam rumah tangga tidak lain adalah sebuah ajang untuk belajar.

Hidup ini hanya sekali, dan waktu akan terus berputar dan tidak akan menunggu kesiapan kita untuk menikah, sehingga ketika anda sudah merasa mampu dan sudah siap untuk belajar memahami dan memperhtiakan orang lain, maka menikah salah satu  jalan terbaik untuk mencapai kebahagiaan....
Karena Rasulullah SAW menyunnahkan menikah yang berarti betapa penting dan betapa baiknya ketika menikah dibandingkan tidak menikah...

Terima kasih telah membaca tulisan saya, dan mohon maaf jika ada kesalahan...Wassalam...

0 komentar: