Tuesday, August 7, 2012

Pandangan Kaum Adam Tentang Kecantikan

Saya sengaja ingin menuliskan tentang hal ini, karena ternyata ada banyak kaum hawa yang merasa tidak PD "Percaya Diri" dengan potensi kelebihan yang ia miliki dalam hal kecantikan karena merasa dirinya tidak punya apa-apa untuk dibanggakan.

Dalam menuliskan hal seperti ini saya lebih banyak mengambil pandangan orang lain dan hasil bacaan dan pengamatan saya. Nah..menyoal tentang pandangan kaum adam terhadap kecantikan, dibawah ini ada beberapa pendapat yang kerap mereka jawab ketika di lontarkan pertanyaan tentang pandangannya tentang kecantikan.

  1. Cantik ketika secara fisik memiliki hidung mancung
  2. Cantik ketika secara fisik memiliki kulit yang putih bersih
  3. Cantik ketika secara fisik memiliki bibir yang tipis
  4. Cantik ketika secara fisik memiliki tinggi badan yang semampai
  5. Cantik ketika secara fisik bodinya montok
  6. Cantik ketika secara fisik memiliki wajah yang lonjong
  7. Cantik ketika secara fisik memiliki mata yang sedikit sipit
  8. Cantik ketika secara fisik rambutnya hitam dan lurus
  9. Cantik ketika secara fisik giginya rapih, dan senyumnya manis
  10. Cantik ketika menutupi seluruh tubuhnya (berhijab)
  11. Cantik ketika saleha
  12. Cantik ketika sopan dan santun
  13. Cantik ketika bersuara lembut
  14. Cantik ketika berlemah lembut
  15. pokoknya masih banyak lagi pandangan yang lainnya...
Namun tahukah anda bahwa kebanyakan dari mereka lebih mengutamakan inner beauty (kecantikan dari dalam) dari seorang perempuan adalah kecantikan yang tak terkira. sebab perempuan yang memiliki inner beauty akan memancarkan kecantikan tersendiri dan bisa menutupi kekurangan fisik sekalipun.

Menurut beberapa pendapat dari kaum adam yang mereka lontarkan bahwa, apalah arti dari kecantikan fisik ketika hatinya tidak baik, artinya bahwa akhlakul karimah lebih mereka prioritaskan daripada kecantikan fisik, dan memang umumnya mereka senang berekspresi dengan memberikan ilustrasi kecantikan fisik namun sesungguhnya yang mereka sukai adalah kecantikan dari dalam, bukan yang nampak. Namun ketika ada yang cantik luar dan dalam maka itu adalah sebuah anugerah, namun mereka umumnya mengutamakan kecantikan dari dalam dan kecantikan dari dalam mengikuti (asalkan enak dipandang).

Bahkan ada pula tetangga saya malah boleh dikata sebagai lelaki yang sangat gagah untuk standar dan taat beribadah, namun pilihan istrinya tidak seperti yang orang lain bayangkan bahwa kemungkinan yang akan menjadi pendampingnya adalah minimal cantik dan saleha, namun kenyataannya adalah dia lebih memilih perempuan yang sangat biasa saja namun akhlaknya yang baik, dan hal ini sangat diluar dari perkiraan orang pada umumnya. 

Dapat saya petik bahwa sebenarnya secara naluriah laki-laki memang senang dengan hal-hal yang indah di pandang mata namun ketika mencari pasangan hidup maka kecantikan dari dalam (Inner Beauty) adalah pilihan mereka pada umumnya.

Dandan memang hal penting bagi perempuan karena Allah SWT menyukai keindahan namun bukan berarti harus menjadi diri yang berbeda, jadilah diri sendiri, berhiaslah untuk menjadi indah dipandang mata asalkan tidak menjadi pesimis bakal tidak ada laki-laki yang mau terhadap anda karena sebenarnya setiap manusia itu memiliki kelebihan masing-masing, sekurang-kurangnya seseorang pasti diberikan kelebihan oleh Allah SWT, karena Allah SWT  Maha Mengetahui segalanya.

Berhias untuk diri sendiri adalah salah satu bentuk kita mensyukuri nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT, karena dengan berhias kita akan menjaga diri dan memelihara yang Allah SWT berikan kepada kita, demikian pula memelihara hati adalah salah satu wujud dari ketaatan kita kepada Allah SWT agar senantiasa menjadi indah.

Cantik bukan hanya fisik semata melainkan hati yang bersih. Kualitas Hati akan semakin baik ketika kualitas pikiran (otak) kita juga baik karena keduanya selalu bersinergi dalam pengambilan keputusan. 

Terima Kasih atas perhatian anda dan mohon di kritisi ketika ada kesalahan...Wassalam...

0 komentar: