Sunday, September 25, 2011

Obesitas


Banyak kaum hawa takut dengan kondisi obesitas, apakah kita termasuk kategori obesitas atau tidak perlu kita perhatikan terlebih dahulu penjelasan singkat di bawah ini :

Obesitas adalah Keadaan patologis yg kronis ditandai adanya penimbun an lemak  berlebihan di dalam jaringan dibawah kulit & jaringan lainnya di dalam tubuh. (Santoso 1987)

Pada tubuh seorang perempuan terdiri dari 25 – 30% lemak sementara pada laki laki 18 – 23%. Bila lemak tubuh melebihi 30% pada perempuan dan 25% pada laki laki maka orang tersebut sudah bisa dikategorikan gemuk atau obese. Cara menghitung kegemukan yang paling mudah adalah dengan membandingkan antara tinggi badan (kg) dengan berat badan (m) atau dikenal dengan istilah Body Mass Index (BMI).

Jika seseorang memakan banyak kalori sementara pembakarannya menjadi energi kurang maka cadangan kalori akan disimpan dalam bentuk lemak yang akan membuat berat badan orang tersebut meningkat. Sebagian besar penyebab kegemukan adalah tingginya konsumsi kalori tanpa dibarengi oleh aktifitas fisik yang memadai. Beberapa penyebab kegemukan adalah :
1.  Keturunan
2. Terlalu banyak makan
3. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sederhana
4. Metabolisme yang lambat
5. Kurang aktivitas fisik
6. Frekuensi Makan
7. Obat-obatan
8. Faktor Psikologis
9. Akibat penyakit 
sekian dulu nanti di lanjutkan yah.....

( Dhea. My Baby Zahra )


0 komentar: