Friday, November 25, 2011

Hepatitis A


Salah satu penyakit yang ditularkan oleh virus adalah Hepatitis, ada beberapa jenis hepatitis yaitu hepatitis A, B, C, D, E, F, dan G. Hepatitis adalah penyakit yang disebabkan oleh beberapa virus yang menyerang dan menyebabkan peradangan serta merusak sel-sel organ hati manusia.

Penyakit hepatitis A disebabkan oleh virus yang disebut virus hepatitis A (VHA). Penyebarannya melalui kotoran/tinja penderita. Hepatitis juga menular melalui makanan dan bukan melalui aktivitas seksual atau melalui darah.




Hepatitis A adalah golongan penyakit hepatitis yang ringan dan jarang sekali menyebabkan kematian. Virus Hepatitis A penyebarannya melalui kotoran/tinja penderita yang penularannya melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi, bukan melalui aktivitas seksual atau melalui darah.

Sebagai contohnya adalah ikan atau kerang yang berasal dari air yang dicemari oleh kotoran manusia maka akan menimbulkan penyakit. Penyakit hepatitis A memiliki masa inkubasi dua sampai enam minggu sejak penularan terjadi, barulah kemudian penderita menunjukkan beberapa tanda dan gejala terserang penyakit hepatitis A. gejala pada fase yang pertama adalah gejala yang umum sering diakibatkan virus, seperti demam, pegal, dan nafsu makan menurun.

0 komentar:

Post a Comment