Wednesday, November 30, 2011

Kesehatan kaitannya dengan produktivitas


Kesehatan adalah aset ekonomi, tanpa adanya kesehatan maka manusia tidak akan produktif.
Kesehatan pekerja adalah aset negara sehingga negara mengeluarkan banyak kebijakan untuk melindungi kesehatan pekerja.
Dalam menjaga stabilitas perekonomian negara maka pemerintah seyogyanya memperhatikan dan menjaga kesehatan masyarakatnya dikarenakan segala pemasukan negara untuk memenuhi segala kebutuhan negara dalam membangun negara ini adalah melalui PAJAK yang di tarik dari manusia yang produktif, sehingga sangat penting di berlakukan upaya kesehatan dan keselamatan kerja dalam menjamin pekerja agar dapat produktif.
Ada 3 komponen kesehatan yang mengakibatkan kehilangan porduktivitas ekonomi yaitu :
1. Status kesehatan yang buruk/disability
2. Masalah kesehatan
3. Produktivitas yang rendah dari kemampuan yang sesungguhnya.
Komponen kesehatan dan keselamatan kerja dengan produktivitas ekonomi yaitu :
  1. Ergonomi yaitu ilmu yang mempelajari penyesuaian antara perlatan dengan manusia) agar sesuai dengan fisiologi manusia. Dalam mempelajari ergonomi mesti melakukan penyesuaian dengan :
  • Postur tubuh (melalui pengukuran ukuran-ukuran badan/antropometri, misalnya penyesuaian ukuran meja ataupun kursi kerja sesuai dengan ukuran tubuh pekerja agar dalam melaksanakan pekerjaannya merasa aman dan nyaman), jika peralatan disesuaikan dengan pekerjaan pekerja maka akan meningkatkan 20-30 % produktivitas pekerja.
  • Jiwa (contoh warna dalam ruangan tempat kerja sangat mempengaruhi kondisi psikologis pekerja sehingga dapat membuatnya nyaman bekerja)
  • Temperatur, suhu dingin bisa membuat kaku, dan suhu panas bisa membuat kepanasan sehingga suhu dibuat agar membuat pekerja merasa nyaman dalam bekerja. berdasarkan penelitian yang dilakukan menemukan bahwa 22-25 derajat cecius adalah suhu yang nyaman untuk bekerja berdasarkan kondisi fisiologis. jika suhu melebihi suhu tersebut akan menurunkan produktivitas 2 %. Jika suhu dingin maka konsumsi energipun akan meningkat karena metabolisme meningkat untuk melawan suhu dingin di sekitar kita.
  • Bising adalah suara yang tidak dikehendaki, karena bisa menyebabkan konsentrasi terganggu menyebabkan stres dan akan menyebabkan kelelahan. selain itu pencahayaan dapat menyebabkan penyakit dan penurunan produktivitas disebabkan karena getaran mampu menyebabkan penurunan konsentrasi misalnya seorang ibu yang sedang hamil sangat berisiko terhadap keguguran jika mengandarai kendaraan bermotor karena motor bisa menyebabkan getaran yang akan mengganggu perlengketan bayi pada rahim.
  • Pencahayaan, standar pencahayaan yang bagus dan nyaman untuk bekerja adalah 300-600 lux, sebab pencahayaan yang lebih tinggi akan menyebabkan silau dan pencahayaan yang rendah akan menyebabkan kesulitan dalam melihat benda (memaksa mata untuk melihat) bisa menyebabkan gangguan terhadap pekerjaan yang akan menurunkan produktivitas kerja oleh karena itu ditempat kerja mesti memperhatikan pencahayaan di lingkungan kerjanya.
Demikian sekelumit tentang pentingnya kesehatan dan keselamatan kerja terhadap produktivitas kerja sehingga para pekerja dapat berkerja maksimal untuk menghasilkan income yang maksimal untuk tempat kerjanya. sehingga jika dikaitkan dengan negara maka negarapun akan mampu berlangsung terus dengan adanya pajak yang ditarik dari rakyatnya yang produktif.

Trims  ^_^ (zahra)


0 komentar: