Wednesday, November 2, 2011

Menopause


Semburat panas, keringat malam hari atau semburat dingin, kulit lembab, berdebar-debar, mudah marah, gangguan mood, haid tidak teratur, gangguan fungsi seksual, kekeringan vagina, gelisah, rasa khawatir, mudah lupa, sering tidak dapat menahan kencing, gatal, nyeri otot sendi, kram , payudara lembek, migren, dan masih banyak lagi…

Dari seluruh keluhan di atas ini, adalah keluhan yang biasa di peroleh oleh kaum hawa yang sudah mendapatkan waktu menopause. Dimana Menopause berasal dari Meno (menstruasi) dan Pause (berhenti) jadi hal ini berarti waktu berhentinya siklus haid/menstruasi. Masa-masa sebelum dan setelah menopause disebut masa klimakterium. Pada masa inilah terjadi perubahan yang nyata pada metabolisme, fisik, dan psikis, yang selanjutnya dapat menimbulkan dampak sosial.

Menopause bukanlah sesuatu yang harus di takuti karena hal itu memang sudah lumrah terjadi pada setiap perempuan yang sudah waktunya menopause, dengan melihat begitu banyak keluhan yang bisa di hadapi, maka perlu adanya langkah persiapan hidup dengan melakukan kebiasaan hidup sehat, terutama yang berhubungan dengan pilihan dan gaya makan serta olahraga.

0 komentar: