Wednesday, August 8, 2012

Coto Makassar



Kali ini saya akan menulis tentang salah satu makanan yang selalu membuat saya rindu untuk menyantapnya yaitu coto makassar, untuk orang-orang yang bermukim di makassar atau yang pernah ke makassar atau kenal dengan makassar pasti coto makassar bukanlah makanan yang asing di dengar di telinga sebab makanan ini sangat khas di makassar.

Coto Makassar selain enak, nikmat jika di hidangkan panas-panas plus ketupatnya, jeruk nipisnya, bawang goreng, daun bawang..hummm...pengen nambah terus, tapi bagi anda yang punya riwayat tekanan darah tinggi sebaiknya jangan keseringan mengkonsumsi coto makassar, sebab bahan dasar dari coto makassar ini bisa memicu tekanan darah anda bila berlebihan.

Mungkin anda sedikit penasaran atau ingin mencoba membuatnya, nah di bawah ini saya tuliskan resep pembuatannya, dijamin enak deh...silahkan saja jika anda berminat untuk membuatnya.

Bahan dan resep coto makassa
  1. 500 gram daging sapi, sandung lamur
  2.  500 gram babat, rebus matang
  3. 300 gram hati sapi, rebus matang
  4.  200 gram jantung sapi, rebus matang
  5. 5 batang serai memarkan
  6.  4 sm lengkuas memarkan
  7.  2 cm jahe memarkan
  8.  5 lembar daun salam
  9.  250 gram kacang tanah, goreng haluskan
  10.  2,5 liter air cuci beras/tajin
  11. 1 sdm bumbu kaldu bubuk rasa sapi
  12.  6 sdm minyak sayur

Haluskan :
  1. 10 siung bawang putih
  2. 8 butir kemiri sangria
  3. 1 sdm ketumbar sangria
  4. 1 sdt jintan sangria
  5. 1 sdt garam dan 1 sdt merica butiran
Pelengkap : bawang goreng, irisan daun bawang dan irisan seledri, sambal taoco

Haluskan : 10 bawang merah, 5 siung bawang putih, 10 cabai keriting rebus sebentar, 100 gram taoco, tumis dengan 6 sdm minyak sayur hingga matang, haluskan tambahkan garam dan gula merah.

Cara memasak coto makassar
Rebus daging sapi, babat, hati dan jantung, beri serai, lengkuas, jahe dan salam setelah matang angkat, tiriskan, potong dadu. Jerohan sapi matang, potong dadu. Sisihkan. Panaskan minyak, tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum,masukkan kedalam kaldu, tambahkan kacang tanah goreng, didihkan. Penyajian, siapkan mangkuk, isi dengan daging dan jerohan beri kuahnya, taburi bawang goreng, irisan daun bawang dan seledri sajikan dengan buras dan sambal taoco. Sajikan hangat.

Nah...ternyata bumbu dan bahannya banyak juga yah, tapi inilah yang membuatnya enak dan memiliki cita rasa yang berbeda dengan makanan enak lainnya. So...silahkan mencoba.



4 komentar:

manji said...

untuk berapa porsi ini? heheh.....nanti sy buat analisis kandungan gizinya :)

mubarika said...

Resep ini belum teruji. Coba dong pas Blogilicious #Maros disajikan ^_^

nurarifah_azzahra said...

k' Manji...he..he.. iya bagusnya kita analisis kandungannya, biar jelas bagusnya saya makan berapa porsi dalam seminggu...ckckck maklum saya doyan..

nurarifah_azzahra said...

Mbak..rika trims udah berkunjung, he..he..maaf mbak saya cuma bisa ngomong enaknya doang plus resepnya tapi tidak pernah buat...