Tuesday, January 24, 2012

PEMBERIAN TUGAS INDIVIDU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI IPS

Peningkatan kualitas proses dan hasil pendidikan pada umumnya senatiasa menjadi target utama oleh para guru dengan mengupayakan memodifikasi berbagai teknik dan cara dalam proses belajar mengajar. Dalam meningkatkan proses dan hasil belajar sebagai satah satu indikator kualitas pendidikan, perhatian terhadap kegiatan siswa merupakan upaya langsung dan paling realitas. Upaya tersebut diarahkan kepada pengembangan ilmu pengetahuan, setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah dalam bentuk pekerjaan tambahan (pekerjaan rumah ).
Pemberian tugas secara rutin kepada siswa dapat membangkitkan motivasi untuk mengkaji secara mendalam terhadap mated pelajaran. Proses belajar yang demikian tentunya membed arti dan makna yang positip terhadap motivasi belajar siswa. Diakui bahwa proses belajar seseorang itu senantiasa dipengaruhi dari berbagai faktor dan salah satu diantaranya adalah upaya guru menciptakan kondis! yang kondusif terhadap days ingatan siswa terhadap materi pelajaran.
Reaksi secara positif terhadap pemberian tugas, manakala tugas yang diberikan disesuaikan dengan kemampuan masing-masing pribadi siswa, karena ini besar pengaruhnya terhadap proses berpikir seseorang dalam mememecahkan masalah yang ditemukanpada materi pelajaran.
Dengan demikian pemberian tugas kepada siswa adalah salah satu langkah logis untuk mengaktifkansiswa dalam belajar mengajar. Namun dibalik itu pemberian tugas yang sering sekali juga dapat mengakibatkan kejenuhan dan pembagian waktu dengan mengerjakan yang lain, sehingga guru seyogyanya berupa memperhitungkan kemampuan dan keterbatasan dari siswa dan dijadikan sebagai dasar membangkitkan motivasi belajar siswa. Namun demikian ada sejumlah issu yang cukup potensial untuk dikaji yaitu, perhatian guru terhadap aktivitas siswa dalam proses belajar megajar dan aspek kajian dalam penelitian ini adalah pemberian tugas kepada siswa.
 Reaksi dari siswa itu sangat bervariasi antara lain keinginan, kemampuan dan kesempatan untuk mengerjakan tugas. Dan diakui tugas yang sukar dan sering dilakukan oleh guru dapat menjadi faktor yang berpengaruh terhadap kadar belajar siswa.
Jadi untuk mengetahui ketepatan siswa menyelesaikan tugas dapat diadakan interaksi tersebut sikap kejujuran siswa sangatdiharapkan untuk mengemukakan tentang kemampuan menyelesaikan setiap tugas yang diberikan Guru. Indicator yang sangat penting adalah kejelasan makna tugas yang diberikan dan lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas. Karena indicator ini sangat mempengaruhi terhadap kondisi objektif yang dihadapi oleh setiap siswa, yang diakui mempunyai latar belakang karakteristik yang berbeda setiap siswa.

0 komentar: