Tuesday, January 31, 2012

Penyebab Asthenopia

                 Penyebab utama astenopia adalah kelelahan pada ciliary dan extraoculer otot akibat akomodasi penglihatan jarak dekat dalam waktu lama. Faktor penyebab lainnya adalah kekeringan pada mata akibat peningkatan ekspos pada permukaan kornea ketika fokus melihat ke depan dan kurangnya frekuensi berkedip (Amalia H., et.al, 2010).  Kelelahan pada mata akibat fokus pada objek berjarak dekat dalam waktu lama disebabkan karena otot-otot mata harus bekerja lebih keras untuk melihat objek berjarak sangat dekat, terutama jika disertai dengan pencahayaan yang menyilaukan (Hanum, 2008).
                 Pada jenis pekerjaan tertentu ada kecenderungan penggunaan akomodasi mata yang berlebih (terus menerus) terutama pada pekerjaan yang membutuhkan penglihatan dengan jarak dekat atau menengah, sebagai contoh operator kontrol, pekerja yang menggunakan komputer, penjahit, reparasi jam, dan lain-lain. Jika hal ini berlangsung lama maka akan menimbulkan kelelahan mata (Asthenopia atau eyestrain atau eye fatigue) yang berlanjut pada gangguan penglihatan permanent seperti kelainan refraksi (Phesant, 1991 dalam Haeny, 2009). Kelelahan pada mata juga bisa disebabkan oleh pemakaian komputer yang dipengaruhi penerangan dan jarak pandang yang tidak sesuai kebutuhan (Koesyanto, 2006).
Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan asthenopia silahkan cek pada link berikut ini : http://www.jurnalkesehatanmasyarakat.blogspot.com/2012/01/pengertian-asthenopia.html

0 komentar: