Saturday, October 1, 2011

Indikator Lingkungan


INDIKATOR LINGKUNGAN

Keadaan lingkungan dapat dinilai  dengan memeriksa berbagai dampak lingkungan manusia di tingkat lokal, nasional dan global. Dampak tersebut dapat dihitung dan digunakan sebagai  indikator bersyarat lingkungan (ECI). Contoh indikator ini meliputi :
1.      Penipisan Lapisan ozon
2.      Suhu Rata-rata global
POLUSI
Pencemaran terjadi ketika zat yang dilepaskan ke lingkungan yang  menyebabkan perubahan merugikan, karakteristik fisik kimia, biologi dan atau estetika  lingkungan.
POLUSI ATMOSFER
Kegiatan manusia dan sumber-sumber alami memancarkan banyak zat ke atmosferGas gas utama dan partikulat yang dipancarkan dan yang memiliki dampak lingkungan yang penting meliputi,CO, NOx, SO2, halocarbons seperti Halons (digunakan dalam perlindungan kebakaran), chlorofluorocarbon (CFC ) dan mereka pengganti, memimpin; karbon dioksida (CO2) dan metana (CH4).
Peningkatan Efek Rumah Kaca
Efek rumah kaca ditingkatkan mengacu pada pemanasan atmosfer bumi diciptakan oleh pembakaran bahan bakar fosil, yang meningkatkan jumlah karbon dioksida di atmosfer.
Gas rumah kaca termasuk CO2, CH4 dan N20, CFC dan ozon fotokimia berasal di bagian bawah atmosfer. Gas-gas ini memungkinkan transmisi cahaya ke permukaan bumi tetapi lebih rendah radiasi panas dari bumi. Setiap tahun sekitar 24 miliar ton metrik karbon dioksida dilepaskan, dan ini meningkat sekitar 750 juta ton per tahun.Sekitar 80% dari karbon dioksida berasal dari pembakaran bahan bakar fosil.
Ozon stratosfer Deplesi
Lapisan ozon adalah lapisan tipis pelindung gas ozon (03), yang keluar layar 99% cahaya berbahaya ultraviolet matahari. Hal ini terletak antara 20 dan 50 kilometer (12 sampai 30 mil) di atas permukaan bumi. Efek penyaringan lapisan ozon melindungi organisme dari kerusakan akibat sinar ultraviolet, yang dikenal sebagai karsinogenik.
Ozon adalah hancur dan diisi ulang di stratosfer dengan alami reaksi kimia atmosfer dan dipertahankan pada tingkat yang cukup stabil. Namun, ada bukti bahwa kita mengganggu keseimbangan ini dan mengurangi tingkat ozon di stratosfer.
Pengasaman
Deposisi asam mengacu pada pengendapan segala bentuk asam dari udara. Ketika pembangkit listrik dan industri tanaman batubara gelandangan atau minyak, cerobong asap mereka memancarkan sejumlah besar sulfur dioksida, partikulat tersuspensi, dan oksida nitrogen. Seperti sulfur dioksida dan oksida nitrogen.
Deposisi asam dapat memiliki sejumlah efek berbahaya :
Membunuh ikan, tanaman air dan mikro-organisme di danau dan sungai. 
Bila pH turun di bawah 6, banyak spesies ikan tidak dapat mereproduksi ; 9 + ikan mencemari (dengan methylmercury sangat beracun) yang kemudian bisa dimakan oleh manusia Berkontribusi terhadap kabut daerah, sebagian besar dari partikel halus garam sulfat di atmosfer;
Melemahnya atau membunuh pohon dengan pencucian kalsium, kalium dan nutrisi tanaman lainnya dari tanah; pengerdilan pertumbuhan tanaman seperti tomat, kedelai, bayam, brokoli wortel, dan kapas, dan logam beracun pencucian seperti tembaga dan timbal dari kota dan pipa air ke rumah air minum.
Endapan asam bukan masalah luas di Australia, sebagai sumber umumnya geografis terisolasi satu sama lain. Tidak seperti banyak negara di belahan bumi utara di mana emisi yang dihasilkan di satu negara dapat mempengaruhi kualitas udara negara lain, Australia saat ini tidak tunduk pada polusi udara yang signifikan yang masuk.
Kontaminasi Tanah yang terkontaminasi dapat secara luas didefinisikan sebagai tanah dimana zat berbahaya terjadi pada konsentrasi di atas tingkat latar belakang dan di mana penilaian menunjukkan itu pose, atau mungkin menimbulkan bahaya jangka pendek atau panjang untuk health4 manusia atau lingkungan. Tingkat latar belakang mengacu pada tingkat ambien kontaminan, dalam area lokal, dari situs di bawah pertimbangan.
Kebisingan adalah sumber yang paling umum dari masalah lingkungan. Telinga peka terhadap tekanan suara. Gelombang suara merupakan osilasi kecil dari tekanan di udara, tepat di atas dan di bawah tekanan atmosfir. Osilasi ini tekanan menimpa pada telinga dan kami mendengar suara.


1 komentar:

Realitas Sosial said...

sempurna.... akhirnya saya menemukan banyak informasi tentang lingkungan... makasih yah....