Tuesday, October 18, 2011

Kelenjar Gondok


Kelenjar gondok atau disebut kelenjar tyroid adalah kelenjar yang normalnya berlokasi di bagian tengah depan leher kita. Ada tiga bagian, yaitu lobus kanan, lobus kiri, lobus intermedius yang menghubungkan lobus kanan dan lobus kiri.
Bagaimanakah gondok dalam posisi normal ?
Sebagaimana menurut dr. Ho, Pey Woei, dalam sebuah seminar kesehatan menjelaskan bahwa kelenjar tiroid berukuran kecil, dengan berat hanya 2-4 gram posisinya di leher depan bagian tengah dan tidak teraba. Oleh karena itu, pada leher orang normal tidak tampak tonjolan atau massa yang mengganggu pemandangan seperti apa yang kita lihat pada penderita gondok.
“Fungsi kelenjar tiroid yaitu mengatur metabolisme tubuh, sehingga segala sesuatunya berjalan lancar dan normal di dalam tubuh seseorang. Oleh karena itu, dikenal beberapa istilah seperti, euritiroid, hipertiroid dan hipotiroid.
Penderita kelainan kelenjar gondok biasanya 80-90 persen adalah kaum perempuan. Adapun laki-laki sangat jarang. Namun demikian, presentase keganasan pada penderita kaum adalah adam cukup tinggi, berkisar 60 hingga 70 persen dari seluruh kasus penderita kelainan tiroid pada laki-laki. Mengingat begitu ganasnya ketika mengenai kaum adam maka sebaiknya sering-sering memeriksa leher bagian depan. Ketika ada indikasi terkena kelenjar tiroid maka segeralah ke dokter terdekat atau ke dokter yang kompeten dengan penyakit ini.

0 komentar: