Tuesday, October 18, 2011

HIV


Pada umumnya masyarakat akan terlihat lain ketika tahu bahwa seseorang, apakah teman, sahabat, teman, keluarga atau siapa saja menderita HIV positif. Padahal kita mesti tahu bahwa penularan penyakit HIV tidak semudah yang kita duga.

Yuk..kita kaji bersama HIV itu apa dan AIDS itu apa ??
HIV singkatan dari Human Immunoeficiency virus yakni virus yang mampu menurunkan daya tahan tubuh (imunitas) manusia sehingga orang yang menderita HIV sangat rentan dengan timbulnya penyakit. Mangapa ?? karena pertahanan tubuhnya yang diserang sehingga semua penyakit berpotensi masuk ke tubuh penderita.


Lantas bagaiamankah ciri orang yang menderita HIV ??
Tau nggak ketika ditanya ciri orang yang menderita HIV maka cobalah anda mengambil cermin lalu arahkan ke depan anda.. Nah…seperti itulah gambarannya.
Orang yang HIV sama saja dengan orang yang normal yakni tidak memperlihatkan ciri khusus, namun hanya bisa di lihat melalui periksa lab. Misalnya pemeriksaan Anti HIV yang relatif murah (merupakan pemeriksaan anti body) biasanya diakukan dengan metode ELISA.

Lantas, apakah yang dimaksud AIDS ??
AIDS adalah singkatan dari Acquired Immune Deficiency Sydrome yakni sekumpulan gejala-gejala yang timbul karena rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV.
Pada fase AIDS tanda-tanda atau gejala yang muncul dapat berupa : sariawan, batuk lama, diare lama, penurunan berat badan, pembesaran kelenjar limfe, serta kelainan kulit.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana penularan HIV ??
HIV dapat menular melalui adanya kontak langsung dengan penderita, misalnya transfusi darah dengan penderita, menggunakan jarum suntik bekas penderita, adapun bisa melalui air liur namun jumlahnya harus banyak untuk bisa menularkan ke orang lain, jika melalui udara, virus HIV tidak menular melalui udara.
Jadi jangan jauhi penderita HIV, sangat kasihan ketika mereka harus di jauhi karena sudah menanggung beban yang berat atas penyakit yang ia derita, ditambah dengan beban psikologi ketika orang-orang di sekitarnya menjauhi mereka.

Ini sekilas tentang HIV dan AIDS, semoga bermanfaat..



0 komentar: