Friday, October 7, 2011

Pendahuluan


PERILAKU PERAWATAN DAN PENGOBATAN PENDERITA PENYAKIT INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (ISPA) BALITA PADA TINGKAT KELUARGA DI KABUPATEN JENEPONTO
Oleh : Rahim Abbas



Pendahuluan
     Prevalensi ISPA tertinggi pada balita (40,3%) sedangkan terendah pada kelompok umur 15-24 tahun, prevalensi cenderung meningkat dengan meningkatnya umur. Prevalensi pada laki-laki sedikit lebih tinggi dari perempuan, dan lebih tinggi di pedesaan. prevalensi ISPA cenderung lebih tinggi pada kelompok dengan pendidikan dan tingkat pengeluaran RT per kapita lebih rendah di Kabupaten Jeneponto prevalensi ISPA 34,2% sedangkan Tingkat SulSel hanya 22,9% dan Nasional 25,5%.
     Keluarga adalah suatu kelompok yang terdiri dari dua orang atau lebih yang direkat oleh ikatan daran, perkawinan atau adopsi serta tinggal bersama dan salah satu fungsi keluarga adalah fungsi fungsi sosialisasi, pendidikan dan protektif (pelindung) kepada seluruh anggotanya. Pencegahan keluarga untuk mencegah melalui tindakan edukatif dan sosialisasi perilaku sehat dan fungsi proteksi berupa tindakan pengobatan bagi yang telah sakit. Proses pencegahan dan perawatah anggota keluarga tidak lepas dari peran institusi keluarga.

2 komentar:

Riki satria said...

sorry, INFEKSI SALURAN PERNAFASAN AKUT (bukan ATAS)(ISPA)

nurarifah_azzahra said...

iya yah..saya juga baru perhatikan..he..he..okey trims atas kritikannya, dan segera akan saya edit..