Tuesday, October 11, 2011

Sampah penyebab banjir

Mengapa sampah menjadi penyebab terjadinya banjir khsuusnya di kota Makassar ?

Di Kota Makassar Hujan sudah mulai turun, pulau sampah berbau busuk menyengat hidung masih menjadi pemandangan pada hampir semua saluran drainase di Makassar. Sampah berbagai jenis mengapung dan menghambat aliran air bermuara di laut.


Sebagaimana yang terjadi di Al_markaz pada bulan Maret 2011 terlihat pada gambar di atas.
Apa yang terjadi ketika hal seperti ini lantas terulang dan berlangsung terus tanpa ada upaya dari masyarakat dan pemerintah dalam menangani sampah yang bisa berujung kepada banjir. Boleh dikatakan setiap tahunnya di Makassar selalu mengalami banjir, seperti yang di katakan Harifuddin tentang banyaknya sampat yang selain menyengat hidung juga menghambat air bermuara di laut yang bisa menyebabkan banjir. selain itu, ketika sampah ini bercampur aduk dengan banjir sudah sangat jelas banyaknya penyakit yang bisa ditimbulkan, ada banyak material baik yang larut dengan air maupun yang tidak bisa larut dengan air contohnya seperti sampah organik dan yang anorganik keseluruhan bisa memicu timbulnya penyakit dan yang paling sering adalah diare, cholera dan sebagainya.

Oleh karena itu mari selaku warga negara dan segenap jajaran pemerintah yang berwenang agar kiranya memperhatikan kesehatan lingkungan sekitar kita dengan melakukan upaya pembersihan di sekitar tempat tinggal terutama saluran air di depan kawasan pertokoan atau perumahan yang sudah tertutup, karena tanpa kesadaran dan partisipasi bersama meskipun telah dibersihkan dengan susah payah namun jika masyarakat masih membandel dengan membuang sampah di selokan ataupun kanal tetap akan menimbulkan penyumbatan yang berakibat pada banjir.



0 komentar: