Wednesday, December 7, 2011

Gangguan akibat kelamaan di depan laptop


Aktivitas yang kerap kita lakukan di depan laptop seperti chatting, facebookan, twitteran, browsing data, main game dan sebagainya dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan. Gangguan yang dapat ditimbulkan adalah anda dapat simak sebagai berikut :

Sebabkan ganguan tidur
Sinar yang dipancarkan dari televisi memiliki pengaruh buruk dan dapat mengurangi kadar melatonin otak. Inilah yang mempengaruhi ritme alami tubuh sehingga membuat Anda terbangun lebih lama dan sebabkan kelelahan yang ekstrim.

Meningkatkan risiko diabetes
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Medical Association menunjukkan bahwa risiko terkena diabetes meningkat setaip 14 persen setiap asyik di depan laptop selama dua jam dalam sehari. Penelitian lain yang dilaporkan dalam jurnal Lipids menemukan bahwa pria yang monoton di depan laptop selama 40 jam tiap minggunya cenderung terkena risiko tiga kali terkena diabetes tipe 2. Meningkatnya risiko diabetes dikarenakan kebiasaan mengemil yang lebih banyak saat mengutak atik informasi atau bahkan main game di depan laptop.

Berkurangnya interaksi sosial
Bermain didepan laptop tanpa kenal waktu dapat mengurangi interaksi sosial terhadap teman, keluarga dan merampas anak-anak berbagi ide serta perasaan dengan orang lain. Ini bisa mengakibatkan berbagai fobia sosial.Apa jadinya kalau anda fobia sosial bisa-bisa anda tidak PD bisa-bisa ngomong ma tetangga anda pun menjadi sulit. He..he.

Gangguan sendi
Mungkin anda tidak menyedari dengan berlama-lama di depan telah membuat badan anda menjadi pegal terlebih ketika posisi anda saat bermain laptop terbilang berisiko untuk terkena gangguan sendi,  ada baiknya anda memperhatikan posisi anda saat bermain laptop dan carilah tempat serta posisi yang menurut anda sudah nyaman dan mengurangi/tidak beresiko terkena gangguan tulang atau sendi.

Gangguan penglihatan
kelaman bermain laptop terlalu banyak tidak baik untuk mata. Radiasi yang dipancarkan dengan frekuensi yang terus menerus akan mengganggu mata sehingga, jika ingin terhindar dari hal tersebut maka sebaiknya anda jangan terlalu lama di depan laptop atau setiap 2 jam istirahat sejenak dan keluar melihat yang hijau-hijau (melihat suasana yang segar) agar mata anda tidak lelah. Selain itu konsumsi buah-buahan yang kaya dengan vitamin A seperti wortel, tomat, dsb.
Masih banyak gangguan lainnya yang bisa di sebabkan jika terlalu lama berkutat di depan laptop tanpa memperhatikan kondisi kesehatan anda. Namun cukup ini yang saya sharingkan semoga ada manfaatnya untuk anda dan sebagai peringatan buat saya juga yang selalu di depan laptop. He..he.. 

Terima kasih.

3 komentar:

orang maros bisa tonji said...

wah makasih buat infox..... jadi lebih banyak tau lagi....

nurarifah_azzahra said...

thank you...

Unknown said...

kunjungi my blog at http://aanborneo.blogspot.com/
trims slm knl.. :)