Tuesday, December 20, 2011

Waspadai Astenopia

Lewat kesempatan ini kembali lagi saya akan membagi informasi menganai mata lelah (Astenopia), tanpa di sadari kita akan menglaminya terutama anda yang kerap berada di depan komputer selama berjam-jam setiap hari. Yah Astenopia, sebuah gangguang dungsi penglihatan dengan penyebab dan gejala-gejala yang sangat majemuk yang melibatkan faktor fisik, fisiologis, psikologis, bahkan faktor sosial. Penggunaan komputer menunjukkan meningkatnya kejadian astenopia.
Pengguna komputer dalam waktu lama berisiko terkena “astenopia” atau mata lelah. Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan angka kejadian berkisar 40-92 persen. Karena itu, penting diperhatikan posisi duduk, posisi mata terhadap monitor komputer, penempatan bahan acuan, serta lamanya bekerja di depan komputer.
Keluhan penderita antara lain mata tak nyaman, iritasi, panas, sakit, cepat lelah, mengantuk, merah, dan berair. Penglihatan terasa buram, ganda, kemampuan melihat warna menurun. Gejala itu diikuti sakit kepala, bahu, punggung dan pinggang, vertigo serta kembung.
Dalam mengatasi penyakit ini digunakan obat tetes airmata (artificial tears), lensa kontak, penyisipan lensa okular, penutupan kantung airmata (lacrimal plug), kacamata yang tertutup rapat (goggles), serta mengobati kelainan yang ada, misalnya infeksi kelopak.
Pada pengguna komputer, astenopia terjadi karena kelelahan mata akibat memusatkan pandangan pada komputer di mana obyek yang dilihat terlalu kecil, kurang terang, bergerak dan bergetar. Mata yang berkonsentrasi kurang berkedip, sehingga penguapan air mata meningkat dan mata menjadi kering.
Sebaiknya teteskan obat mata pada mata anda agar tidak mengalami kekeringan dan tidak perih yang bahkan bisa gatal. Kemudian istirahatlah sejenak dan jangan terlalu memaksakan diri di depan laptop/komputer jika sudah mengalami kelelahan pada mata.
Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menghindari Astenopia ini yaitu :
  1. Hindari Pantulan, dengan cara memindahkan monitor anda ke tempat yang tidak terjadi pantulan.
  2.  Posisi layar monitor komputer semestinya berada di bawah level mata
  3. Atur pencahayaan, sebab jika dalam keadaan remang-remang (cahaya tidak terang) maka mata akan berusaha menyesuaikan dengan cahaya lampu sehingga akan membuat mata cepat lelah.
  4. Layar monitor dibersihkan, dengan layar yang bersih akan mengurangi muatan elektrostatis.
  5. Atur jarak monitor anda dengan mata sehingga mata tidak mengalami kesulitan ketika anda beraktivitas. Kurang lebih 15 cm dan sebisa mungkin mata tidak terlalu banyak melakukan gerak yang akan menyebabkan kelelahan.
  6. Atur pula pencahayaan pada komputer anda ketika terlalu silau atau redup atau dalam artian sesuaikanlah dengan kenyamanan mata saat berhadapan dengan komputer.
  7.  Jangan lupa istirahat setiap 2 jam sekali seperti yang saya postingkan sebelumnya, anda bisa melihat keluar ruangan dengan mencari yang berwarna hijau seperti melihat halaman atau taman dan sebagainya yang bisa membuat mata anda menjadi segar kembali.
Demikian yang bisa saya share hasil dari membaca saya, semoga anda bisa mengambil manfaatnya. 
Trims. ^_^.

0 komentar: