Saturday, December 10, 2011

stres pada ibu


Ada hal yang menarik untuk diteliti yaitu masalah tingginya angka kesakitan dan kematian seorang ibu rumah tangga ketimbang suami sebagai seorang pencari nafkah buat keluarganya, sebab ternyata ibu rumah tangga banyak mengalami hal yang sama terutama keluarga menengah atau menangah ke bawah dalam hal mengatur keuangan untuk keluarga.

Suami cenderung memberikan uang kepada istrinya untuk belanjaan setiap hari dalam memenuhi kebutuhan keluarga sementara uang yang diberikan tidak sesuai dengan pengeluarannya sehingga terkadang seorang ibu stres memikirkan jalan bagaimana caranya agar bisa memenuhi kekurangan yang ada.Suami merasa sudah memenuhi kewajibannya dengan memberikan uang perbulan tanpa mau tahu apakah sudah cukup atau belum untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari apalagi mau tau apakah ada biaya tak terduga.

Rumit memang menjadi seorang ibu yang harus berfikir keras untuk memenuhi kebutuhan harian dengan uang yang seadanya, namun itulah yang banyak terjadi, bahkan dengan egonya terkadang suami marah ketika seorang istri bermaksud mengadu untuk meminta tambahan uang dan kadang di marahi atau paling miris di maki dengan alasan tidak tahu mengatur uang. Belum lagi ketika ada masalah terhadap keluarga maka sang ayah pasti dengan leluasanya menyalahkan seorang ibu sementara anak itu adalah tanggung jawab ibu dan ayah tidak serta merta hanya urusan dan tugas ibu, namun entah mengapa seakan banyak suami lupa bahwa anak adalah tanggung jawab bersama, tapi giliran ada masalah selalu ibu yang disalahkan.

Setiap orang hidup dengan sel kanker yang ada dalam tubuhnya, namun sel itu akan berkembang pada waktu dan faktor pemicu sehingga sel tersebut bisa menjadi penyakit dan penyebab pertumbuhan sel kanker. dan faktor pemicu yang paling utama adalah stres, dengan stres orang cenderung mempunyai daya tahan tubuh yang lemah karena tidak mempedulikan kesehatannya.

Banyak ibu yang tertekan batinnya dan merasakan stres akibat masalah Rumah Tangga, kemudian yang lebih bahaya lagi ketika harus menyimpan segalanya dalam hati akan berdampak pada kesehatan psikisnya yang akan merambah ke fisiknya yang paling trend adalah kanker. Semoga pembaca sekalian tidak demikian kepada istrinya atau kepada yang belum menikah harus belajar bagaimana membantu istri menghadapi kesulitan dan jangan hanya bisa marah dan memaki yang justru malah akan menambah masalah.

Ini adalah sebagian dari masalah yang dihadapi kaum ibu dalam kesehariannya dan tidak semua ayah yang seperti ini dan jika sekiranya ada yang seperti ini, agar bisa memperhatikan dan mau tahu kesulitan dan kesenangan istri demikian pula sebaiknya agar bisa menghadapi kehidupan rumah tangga dengan bijaksana.

^_^

1 komentar:

TIK Merdeka Belajar said...

Hmmmmm bgitu yah kata http://uaksena.com