Sunday, January 1, 2012

BAB III Makalah HIV/AIDS

BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
HIV/AIDS adalah penyakit yang sampai sekarang ini belum ada obatnya dan mematikan, selain karena mengganggu kesehatan fisik, HIV/AIDS juga mengganggu stabilitas psikis dan kehidupan sosial penderita, sehingga perlu dilakukan penanganan yang komprehensif.
Peran pemerintah sangat besar terhadap penanganan HIV/AIDS sebab pemerintah adalah pemegang kendali terhadap stabilitas dalam kelompok masyarakat, selain itu pemerintah memiliki kekuatan melalui Kebijakan yang dibuat sebagai upaya pencapaian tatanan sosial yang sehat dan dinamis.
Melalui kebijakan yang telah di buat, pemerintah kota Makassar telah melakukan berbagai upaya promosi dan pencegahan, pengobatan serta rehabilitasi terhadap penderita HIV/AIDS. Semoga melalui upaya yang telah direncanakan dan yang telah dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan bisa menekan penularan HIV/AIDS serta menurunkan angka penderita HIV/AIDS di Indonesia, khususnya di Makassar.

B.     Saran
Di akhir makalah ini, penyusun ingin memberikan saran agar :
1.      Melalui hak yang dimiliki oleh pemerintah untuk membuat kebijakan, agar sekiranya dapat menyentuh kepada seluruh lapisan masyarakat sehingga dalam penerapan kebijakan yang di buat oleh pemerintah mudah dilaksanakan dan dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat.
2.      Pemerintah bersama jajarannya selalu sigap dalam menangani masalah HIV/AIDS sehingga penularannya dapat di cegah sehingga tidak banyak jatuh korban yang berujung kepada kematian.
3.      Pemerintah bisa menjadi tauladan bagi masyarakat sehingga perilaku yang berisiko HIV/AIDS dapat dicegah. Selain itu agar kiranya pemerintah selalu memperhatikan alokasi dana dalam upaya pencegahan dan penanggulangan terhadap penderita HIV/AIDS.

2 komentar:

erdinaputri said...

artikelnya bagus tapi sayang tidak bisa d masukkan ke makalah karna pengarang'a tidak jelas siapa

nurarifah_azzahra said...

maaf sebenarnya daftar pustakanya ada, tapi saya tidak tampilkan...