Wednesday, May 16, 2012

Ketenangan Jiwa

Pada kesempatan kali ini, saya ingin sharing tentang bagaimana cara saya untuk menenangkan jiwa saya ketika sedang gelisah atau mengalami berbagai macam hambatan dalam rutinitas saya.

Mungkin inilah yang namanya roda kehidupan itu berputar, sebab sejak dahulu sebelum kuliah saya tidak pernah merasakan kegelisahan dan selalu merasakan ketenangan dan kedamaian tidak lain karena setiap masalah yang saya hadapi mungkin terbilang biasa-biasa saja dan bisa saya atasi tanpa memerlukan pemikiran yang teramat menyita waktu. Namun perasaan gelisah, resah, was-was, ragu-ragu, dan sedih kerap saya rasakan ketika sudah menginjakkan kaki di perkuliahan, dikarenakan perubahan situasi, pertambahan umur, pertambahan aktivitas, dan pertambahan pengalaman serta berbagai perubahan yang saya alami dan ini lumrah bagi setiap orang untuk mengalami perubahan.

Saat perkuliahan saya sering merasakan dilematis, sering resah, gelisah dan sebagainya yang tidak lain disebut sebagai kegelisahan atau ketidaktenanangan jiwa, kemudian pengalaman dan tantangan hiduplah yang mengantarkan saya untuk menyadari bahwa betapa shalat dan berserah diri dengan berdo'a kepada Allah SWT adalah jalan untuk menenangkan jiwa bahkan dengan berdo'a sambil meneteskan dan mengeluarkan semua isi hati kepada Allah SWT malah menjadikan hati ringan dan damai, setiap ada masalah yang saya hadapi kemudian saya mengambil air wudhu lalu melaksanakan shalat wajib, maupun shalat sunnah yang bisa menghubungkan saya dengan sang Khalik.

Ketika saya dalam perjalanan saya selalu berdzikir (mengingat) Allah untuk menenangkan jiwa saya dan kadang pula saya mengambil Al-Qur'an dan tilawah atau mencari teman yang lebih dewasa dan bijaksana yang bisa saya temani sharing. cara lain yang saya lakukan adalah memutar lantunan surah yang ada di Handphone saya kemudian mendengarkan dengan penuh hikmah. Alhamdulillah hati saya bisa menjadi tenang dan damai.

Ini sekedar ungkapan saya bagaimana saya mencari ketenangan jiwa.

0 komentar: