Wednesday, May 9, 2012

peluang


1.  2 tipe kesalahan dalam penarikan kesimpulan hasil uji statistik yaitu :

a.    Kesalahan Tipe I (Alpha Error)           :           kemampuan Menolak Ho yg seharusnya diterima (False  positif)
b.    Kesalahan Tipe II (Beta Error)            :           Menerima Ho yg seharusnya ditolak (False  negatif)
Contoh :
Seorang peneliti ingin mengetahui efektivitas pemberian Vitamin B12 terhadap peningkatan kadar HB pada penderita anemia. Sejumlah  penderita anemia diberi suntikan vitamin B12 dan diukur kadar Hb darahnya sebelum dan setelah pemberian Vitamin B12.
H0 = Vitamin B 12 tidak efektif dalam meningkatkan kadar HB penderita anemia
H1 = Vitamin B 12 efektif dalam meningkatkan kadar HB penderita anemia
a.    Kesalahan Tipe I (Alpha Error) terjadi apabila hasil uji statistik menunjukkan bahwa vitamin B12 efektif dalam meningkatkan kadar Hb penderita anemia meskipun sebenarnya pemberian Vitamin B12 tidak efektif.
b.    Kesalahan Tipe II (Beta Error) terjadi apabila hasil uji statistik menunjukkan bahwa vitamin B12 tidak efektif dalam meningkatkan kadar Hb penderita anemia meskipun sebenarnya pemberian Vitamin B12 efektif.

2.    Contoh penentuan besar sampel dengan menggunakan rumus :
Diketahui angka keberhasilan suatu pengobatan untuk penyakit jantung yang dilaporkan dalam literatur adalah sebesar 0,7. Suatu pengobatan baru kemudian diusulkan dan diduga mempunyai tingkat keberhasilan 0,8. Sebuah rumah sakit memutuskan untuk menggunakan pengobatan baru tersebut terhadap semua pasien dengan diagnosa penyakit jantung. Berapa jumlah pasien yang harus diteliti untuk menguji tingkat keberhasilan obat tersebut dengan α = 0,05 jika diinginkan untuk mendapatkan kekuatan uji 90% untuk mendeteksi perbedaan proporsi keberhasilan pengobatan?



Jawab :
n =      1
      Δ.pα.pβ
n =                1
      (0,8-0,7) x 0,05 x 0,1
n =      1
       0,0005
n = 2000
Jadi, untuk mendeteksi perbedaan proporsi keberhasilan dari 2 pengobatan tersebut maka dibutuhkan sampel sebanyak 2000 orang.

0 komentar: