Wednesday, May 9, 2012

Surveilans Integrasi Kesehatan Ibu


1.    Definisi
Surveilans integrasi kesehatan ibu adalah surveilans kesehatan ibu dengan melihat segala aspek yang berhubungan dengan kesehatan ibu termasuk sektor-sektor yang memberikan kontribusi  terhadap kesehatan ibu, seperti BPMP & KB, BP4K (Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan)  dan sektor swasta.
Koordinasi dan pendanaan pembangunan antar institusi dan lembaga donor sangat krusial untuk menghindari terjadinya tumpang tindih dan terfragmentasinya program, sehingga peningkatan kesehatan ibu lebih mudah dicapai. Keberlanjutan program juga menjadi tantangan yang harus diatasi dalam tahun-tahun mendatang. Konteks lebih luas, terlepas dari kebijakan dan program dengan fokus pada sektor kesehatan, diperlukan juga penanganan dalam konteks yang lebih luas di mana kematian ibu terjadi. Kematian ibu sering disebabkan oleh berbagai faktor yang kompleks yang menjadi tanggung jawab lebih dari satu sektor. Terdapat korelasi yang jelas antara pendidikan, penggunaan kontrasepsi, dan persalinan yang aman. Pelayanan kesehatan reproduksi remaja harus ditangani dengan benar, mengingat besarnya masalah. Selain itu, isu gender dan hak-hak reproduksi baik untuk laki-laki maupun perempuan perlu terus ditekankan dan dipromosikan pada semua level.

2.    Tujuan Surveilans Integrasi Kesehatan Ibu
a.    Tujuan Umum
Tujuan umum dari surveilans integrasi kesehatan ibu adalah memantau kesehatan ibu melalui sistem penguatan lintas sektor dan lembaga swasta.
b.    Tujuan Khusus
1.    Memperoleh gambaran umum semua aspek tentang kesehatan ibu, yaitu:
·         Daftar ibu hamil
·         Risiko kehamilan
·         Cakupan imunisasi TT
·         Persentase persalinan oleh nakes
·         Laporan kematian ibu
·         Jumlah akseptor KB
2.    Memperoleh gambaran epidemiologi kesehatan ibu.

0 komentar: